Bansos El Nino Cair November! Siap-siap Dapat BLT Rp400.000, Segera Cek Syarat dan Nama Penerimanya Disini

Bansos El Nino Cair November! Siap-siap Dapat BLT Rp400.000, Segera Cek Syarat dan Nama Penerimanya Disini

Bansos El Nino Cair November! Siap-siap Dapat BLT Rp400.000, Segera Cek Syarat dan Nama Penerimanya Disini --(Sumber Foto: Tria/BETV)

BETVNEWS - Bulan November 2023, pemerintah mengucurkan satu bantuan sosial (bansos) baru kepada penerima manfaat yang terdata di DTKS Kemensos. Bansos tersebut adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebesar Rp400.000.

Bansos ini diberikan kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak fenomena El Nino yang belakangan ini melanda wilayah Indonesia.

BACA JUGA:Bansos PKH 2023 November Telah Cair! Begini Cara Cek Penerima dan Besaran Nominal yang Diterima

Seperti diketahui, El Nino memberikan dampak signifikan di Indonesia, antara lain perubahan pola curah hujan, suhu udara yang meningkat, dan kecenderungan peningkatan titik panas. Dengan begitu, fenomena ini tidak jarang mengakibatkan kekeringan, kekurangan air bersih, gagal panen, serta kebakaran hutan dan lahan.

Fenomena ini diperkirakan masih akan terus terjadi hingga akhir tahun 2023. Oleh sebab itu, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 7,52 triliun untuk membantu 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak El Nino. Bantuan ini akan disalurkan selama 2 bulan yakni November dan Desember 2023, dengan nominal masing-masing Rp200.000 per bulan.

Selain itu, BLT El Nino juga diberikan untuk menaikkan daya beli masyarakat di tengah fenomena yang sedang terjadi di Indonesia.

BACA JUGA:Inilah Daftar Wilayah yang Sudah Menerima Bansos PKH Tahap 4, Cek KKS Ada Saldo Masuk Rp3.000.000

Adapun calon penerima BLT diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos, yakni mereka yang terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Berikut syarat penerima bansos El Nino:

1. Warga negara Indonesia (WNI)

2. Memiliki KK dan KTP yang masih berlaku dan sah dari Dukcapil

3. Termasuk kategori masyarakat miskin atau rentan

4. Bukan ASN, Polri atau TNI

5. Terdaftar di DTKS Kemensos sebagai penerima PKH

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: