6 November Memperingati Hari Apa? Cek Daftar Lengkapnya Disini

6 November Memperingati Hari Apa? Cek Daftar Lengkapnya Disini

Selain Hari Mencegah Eksploitasi Lingkungan dalam Perang dan Konflik Bersenjata, tanggal 6 November juga diperingati sebagai Hari Rekreasi dan Hari Aksi Kerja.--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Setiap tanggal memiliki momen tertentu yang diperingati oleh sebagian orang atau kelompok tertentu setiap tahunnya. Termasuk pada tanggal 6 November.

Tahun ini, 6 November 2023 jatuh pada hari Senin. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Mencegah Eksploitasi Lingkungan dalam Perang dan Konflik Bersenjata.

Peringatan ini diadakan untuk menjaga lingkungan hidup sebagai penjamin keamanan dan perdamaian serta mencegah eksploitasinya dalam konflik militer. 

Selain Hari Mencegah Eksploitasi Lingkungan dalam Perang dan Konflik Bersenjata, tanggal 6 November juga diperingati sebagai Hari Rekreasi dan Hari Aksi Kerja.

BACA JUGA:5 November Memperingati Hari Tanpa Tugas, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal ini:

1. Hari Mencegah Eksploitasi Lingkungan dalam Perang dan Konflik Bersenjata

Hari Internasional untuk Mencegah Eksploitasi Lingkungan dalam Perang dan Konflik Bersenjata diperingati pada tanggal 6 November setiap tahunnya.

Peringatan ini diadakan untuk menjaga lingkungan hidup sebagai penjamin keamanan dan perdamaian serta mencegah eksploitasinya dalam konflik militer. 

Tidak dipungkiri bahwa perang selalu menimbulkan dampak kemanusiaan yang menyebabkan banyak orang menderita. Bukan hanya itu, perang juga bisa merusak lingkungan. Sungai dan sumur tercemar, tanaman dibakar dan hutan ditebang, bahkan tanah menjadi tercemar. Alam termasuk spesies hidup lainnya, cuaca, iklim, dan sumber daya alam, mempengaruhi dan dipengaruhi oleh manusia.

BACA JUGA:4 November Memperingati Hari Permen Nasional, Cek Daftar 4 Peringatan yang Jatuh pada Tanggal Ini

Kita semua didesak untuk bersuara dan menegaskan kembali komitmen kita untuk melindungi planet kita yang terancam punah, bahkan dalam menghadapi agresi bersenjata.

Di Afganistan saja, perang mengakibatkan tingkat deforestasi yang luar biasa, yakni mencapai 95% di beberapa wilayah. Hal ini merupakan bencana besar bagi konservasi satwa liar dan hutan, karena habitat tersebut membuka pintu bagi pembalakan liar, penambangan ilegal, dan perburuan massal.

Populasi gajah telah musnah di Republik Afrika Tengah. Di Ukraina, Sungai Seversky Donets semakin rusak akibat polusi. Sementara di Gaza dan Yaman, infrastruktur air telah rusak sehingga menimbulkan risiko terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: