Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Temukan 1.154 Warga Terinfeksi Penyakit TBC

Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Temukan 1.154 Warga Terinfeksi Penyakit TBC

Joni Hariadi Tabrani, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu.--(Sumber Foto: Aap/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas kesehatan (Dinkes) Kota BENGKULU mencatat sejak Januari 2023 hingga sekarang, sebanyak 1.154 warga terinfeksi penyakit tuberculosis (TBC) di wilayah Kota BENGKULU.

BACA JUGA:Ulah Guru SDN 157 dan SMPN 43 di Seluma yang Jarang Mengajar, Siswa Sering Libur

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Joni Hariadi Tabrani, menyampaikan bahwa tingginya kasus TBC disebabkan karena penderita sebenarnya sudah memiliki gejala, namun tidak melakukan pemeriksaan.

"Tercatat 1.154 orang terinfeksi TBC, dimana 658 orang telah ditangani pihak Dinkes untuk dilakukan pengobatan. Sedangkan untuk 496 warga lainnya bukan warga kota dan melakukan pengobatan di luar Kota Bengkulu," kata Joni Hariadi Tabrani, Senin 13 November 2023.

BACA JUGA:1.400 APS Caleg dan Parpol yang Masih Terpasang Melanggar Tahapan Pemilu

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya untuk warga yang terinfeksi TBC agar menggunakan masker dan senantiasa menjaga kesehatan, supaya penyakit TBC ini dapat ditangani.

Selain itu disiplin minum obat selama enam bulan dalam proses penyembuhan.

BACA JUGA:Rp6 Miliar APBD Bengkulu Tengah Digelontorkan untuk Finishing Gedung Kejari

"Adapun gejala TBC pada mulanya mengalami batuk. Selain itu ada beberapa ciri penyakit TBC yang perlu diwaspadai yaitu suhu tubuh meningkat, berkeringat di malam hari, sering merasa lelah, kulit pucat, nafsu makan dan berat badan menurun," tutupnya.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: