16 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Filsafat Sedunia

16 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Filsafat Sedunia

Selain Hari Filsafat Sedunia, tanggal 16 November juga diperingati sebagai Hari Kanker Pankreas Sedunia dan Hari Toleransi Internasional.--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Setiap tanggal memiliki momen tersendiri yang dirayakan oleh sebagian orang dan kelompok tertentu tiap tahunnya. Termasuk pada tanggal 16 November.

Tahun ini, 16 November 2023 jatuh pada hari Kamis. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Filsafat Sedunia.

Peringatan ini dirayakan pada hari Kamis ketiga bulan November setiap tahun, dimana tahun ini jatuh pada tanggal 16 November 2023. Namun Hari Filsafat Sedunia pertama kali jatuh pada tanggal 21 November 2002. 

BACA JUGA:15 November Memperingati Hari Ulang Tahun Korps Marinir TNI, Cek Daftar Peringatan Lain di Tanggal Ini

Selain Hari Filsafat Sedunia, tanggal 16 November juga diperingati sebagai Hari Kanker Pankreas Sedunia dan Hari Toleransi Internasional.

1. Hari Filsafat Sedunia

Hari Filsafat Sedunia diperingati pada hari Kamis ketiga bulan November setiap tahun. Tahun ini, peringatan ini jatuh pada tanggal 15 November 2023.

Saat mengadakan Hari Filsafat Sedunia pada tahun 2005, UNESCO menekankan bahwa filsafat sangat penting bagi kaum muda dan merupakan disiplin ilmu yang menginspirasi analisis obyektif dan evaluasi isu-isu untuk membuat penilaian.

BACA JUGA:14 November Memperingati Apa? Cek Daftar Peringatannya Disini, Ada Hari Diabetes Sedunia

Hari Filsafat Sedunia mendorong pengembangan pemikiran rasional kritis independen, yang mengarah pada peningkatan pemahaman dunia, mendorong perdamaian dan kesabaran.

General Conference UNESCO pada tahun 2005 mempunyai keyakinan bahwa menanamkan konsep Hari Filsafat Sedunia di masyarakat akan mempopulerkan filsafat, khususnya dalam mengajarkannya kepada dunia.

Setelah perayaan pertama pada tahun 2002, UNESCO menganggap peringatan ini penting untuk melembagakan perayaan refleksi filosofis di seluruh dunia.

BACA JUGA:13 November Memperingati Hari Tragedi Semanggi I, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh Pada Tanggal Ini

2. Hari Kanker Pankreas Sedunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: