19 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Pria Internasional hingga Hari Toilet Sedunia

19 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Pria Internasional hingga Hari Toilet Sedunia

Selain Hari Pria Internasional, tanggal 19 November juga diperingati sebagai Hari Jurnalis Internasional, Hari Peringatan Korban Lalu Lintas Jalan Sedunia, dan Hari Toilet Sedunia.--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Tiap tanggal yang tertera di kalender memiliki peringatan yang dirayakan setiap tahunnya oleh sebagian orang atau kelompok tertentu. Termasuk pada tanggal 19 November.

Tahun ini, 19 November 2023 jatuh pada hari Minggu. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Pria Internasional.

Peringatan ini diadakan untuk mempromosikan aspek-aspek positif dari identitas laki-laki berdasarkan premis bahwa laki-laki memberikan tanggapan yang lebih konstruktif terhadap panutan yang positif daripada stereotip gender yang negatif.

BACA JUGA:18 November Memperingati Hari Ilmu Gaib Internasional, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Hari ini tidak dimaksudkan untuk bersaing dengan Hari Perempuan Internasional, namun untuk menyoroti pentingnya kesehatan fisik dan mental serta maskulinitas positif pria.

Selain Hari Pria Internasional, tanggal 19 November juga diperingati sebagai Hari Jurnalis Internasional, Hari Peringatan Korban Lalu Lintas Jalan Sedunia, dan Hari Toilet Sedunia.

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal ini:

1. Hari Pria Internasional

Setiap tanggal 19 November diperingati sebagai Hari Pria Internasional, meskipun ketika pertama kali dibuat, peringatan ini dirayakan pada bulan Februari.

Peringatan ini diadakan untuk mempromosikan aspek-aspek positif dari identitas laki-laki berdasarkan premis bahwa laki-laki memberikan tanggapan yang lebih konstruktif terhadap panutan yang positif daripada stereotip gender yang negatif. 

BACA JUGA:17 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Prematur Sedunia hingga Hari Pelajar Internasional

Hari Pria Internasional tidak dimaksudkan untuk bersaing dengan Hari Perempuan Internasional, namun untuk menyoroti pentingnya kesehatan fisik dan mental serta maskulinitas positif pria.

Pada awal tahun 1990-an Thomas Oaster, direktur Pusat Studi Pria Missouri, mengundang organisasi-organisasi di AS, Australia, dan Malta untuk mengadakan acara kecil Hari Pria Internasional pada bulan Februari.

Oaster berhasil menjadi tuan rumah acara-acara ini selama dua tahun, tetapi usahanya pada tahun 1995 kurang mendapatkan perhatian. Karena putus asa, dia menghentikan rencananya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: