Cek 6 Manfaat Minum Teh Jahe untuk Kesehatan, Diduga Ampuh Atasi Perut Kembung hingga Meningkatkan Sistem Imun

Cek 6 Manfaat Minum Teh Jahe untuk Kesehatan, Diduga Ampuh Atasi Perut Kembung hingga Meningkatkan Sistem Imun

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan teh jahe untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Web/Alodokter)

BETVNEWS - Minuman yang juga memberikan kesehatan bagi tubuh yakni teh jahe. Selain menghangatkan, diketahui minuman ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Dikenal minuman jahe menjadi obat herbal yang ampuh menyembuhkan mual dan flu. Sebagaimana minuman ini memiliki 2 senyawa alami penting yakni gingerol dan shogaol.

BACA JUGA:6 Manfaat Rutin Konsumsi Jahe, Ternyata Baik untuk Kesehatan

Tidak hanya itu, jahe sebagai tanaman rempah juga kaya kandungan mineral dan vitamin. Dengan memiliki peran dapat meredakan mual yang dialami oleh ibu hamil atau morning sickness.

Tentu tidak asing lagi dengan minuman satu ini, ditambah minuman atau wedang jahe ini memiliki rasa pedas yamg khas. Terlebih cara membuatnya pun tidak begitu sulit, dengan paduan rempahan jahe yang sudah ditumbuk dan dimasukkan ke dalam gelas.

BACA JUGA:Cara Membuat Shogayu, Teh Madu Jahe Khas Jepang yang Lezat dan Menyehatkan

Dengan memiliki nama latin Zingiber officinale yang masih satu rumpun dengan kunyit, kencur, dan lengkuas. Selain minuman, rempahan jahe ini bisa dimanfaatkan sebagai bumbu pelengkap berbagai masakan. Lantas apa saja manfaat dari minum teh jahe? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Ampuh mengatasi perut kembung dan gangguan pencernaan

Jahe diketahui sangat baik dalam sistem pencernaan, kemudian air jahenya dapat menurunkan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, mengatasi perut kembung, hingga kurangi kram dan lain-lain.

BACA JUGA:5 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Bisa Menghambat Sel kanker!

2. Mual dapat teratasi

Dengan kandungan seperti gingerol dalam teh jahe dipercaya dapat mengatasi mual sebab mabuk perjalanan, kemoterapi, hingga kehamilan. Selain itu, bisa meredakan pusing berkat senyawa di dalamnya yang ampuh menekan pusat muntah pada otak.

3. Dapat mencegah penuaan dini

Selain itu, manfaat lain dari teh jahe ini yakni bisa mencegah penuaan dini sebagai antiaging. Sebuah penelitian tahun 2019, ditemukan bahwa senyawa antioksidan pada jahe bisa kurangi peradangan dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kondisi degeneratif tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: