Dempo Xler Beri Pandangan di Seminar Nasional Paradise FH Unib, DPR Perlu Dibatasi Masa Periode

Dempo Xler Beri Pandangan di Seminar Nasional Paradise FH Unib, DPR Perlu Dibatasi Masa Periode

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, S.IP,. M.AP menjadi narasumber Seminar Nasional peradilan semu (Paradise) Fakultas Hukum Universitas Bengkulu (Unib) di Auditorium FH Unib, Selasa 21 November 2023.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Ketua Komisi I DPRD Provinsi BENGKULU, Dempo Xler, S.IP,. M.AP menjadi narasumber Seminar Nasional peradilan semu (Paradise) Fakultas Hukum Universitas BENGKULU (Unib) di Auditorium FH Unib, Selasa 21 November 2023.

Seminar ini mengangkat tema polemik putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 90/PUU-XII/2023 terhadap batasan usia calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres), Selasa 21 November 2023.

BACA JUGA:Dempo Xler Sharing Kerja Legislatif Bersama Parlemen Mahasiswa

Dempo memberikan pandangan bahwa masa periode legislatif atau DPR pusat sampai ke daerah perlu dibatasi agar ada regenerasi pemimpin,  jika individu orang akan cenderung tidak rasionalitas. 

BACA JUGA:Dempo Xler: Pemprov Perlu Verifikasi Kebenaran Investor, Agar Tidak Sekedar Harapan

"Saya setuju DPR cukup 2 periode masa jabatan karena jika individu tersebut hebat memiliki kualitas dan kemampuan pasti dipilih kembali rakyat. Namun harus naik tingkat dari DPRD Kabupaten/kota naik DPRD provinsi kemudian 2 periode naik lagi DPR RI," ungkap politisi muda DPRD Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Dempo Sebut Penyelenggara Berkewajiban Sebarkan Keterbukaan Informasi Publik di Pemilu 2024

Terkait polemik keputusan MK soal usia Capres dan Cawapres, Dempo setuju ruang anak muda mengisi jabatan kepemimpinan harus diberikan seluasnya. Namun harus dengan aturan yang benar, tidak melalui keputusan MK karena yang memiliki kewenangan merubah UU adalah DPR RI.

BACA JUGA: Karang Taruna Babatan Gelar Seminar Kepemudaan, Dempo: Patut Dicontoh Anak Muda Perkotaan

"Saya setuju UU Pemilu harus di revisi terutama terkait usia karena pemilih skarang juga 60 persen adalah anak muda dan sudah seharusnya anak memimpin di semua lini. Tapi anak muda yang memiliki kualitas dan kemampuan," terang Dempo yang kembali maju sebagai DPRD Provinsi Bengkulu untuk periode ke II.

BACA JUGA:Momentum HUT ke-55 Provinsi Bengkulu, Dempo Xler Ingin Lahirnya Generasi Emas dari Bengkulu

Selain itu, Dempo menyoroti fenomena pemilu muda saat ini yang cenderung memilih presiden, calon legislatif (Caleg) dan kepala daerah karena viral dan lainnya. Bukan karena rekan jejak yang baik, atau kualitas dan kemampuan. Seharusnya anak muda harus memilih yang ideal dilihat dari rekan jejak, kemampuan dan kulitas.

BACA JUGA:Dempo Xler Desak APH Perketat Gerbang Masuk Narkoba ke Provinsi Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: