Jelang Akhir Tahun, Dana Kelurahan di Rejang Lebong Belum Semuanya Terserap

Jelang Akhir Tahun, Dana Kelurahan di Rejang Lebong Belum Semuanya Terserap

Kepala Bagian Pemerintahan Setdakab Rejang Lebong, Bobby Harpa Santana--(Sumber Foto: Daman/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Hingga pekan terakhir bulan November 2023 ini, realisasi dana bantuan pembinaan kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong belum terserap semuanya terserap 100 persen. 

Sebagimana disampaikan Kepala Bagian Pemerintahan Setdakab Rejang Lebong Bobby Harpa Santana, tahun 2023 ini pemerintah daerah menyiapkan anggaran sebesar Rp200 juta untuk 34 Kelurahan yang tersebar di 15 kecamatan se-Kabupaten Rejang Lebong.

BACA JUGA:Mantan Direktur PDAM Rejang Lebong, Jalani Sidang Perdana Kasus Korupsi

Penggunaan dana bantuan pembinaan kelurahan ini, dilakukan sesuai dengan perencanaan dari masing-masing kelurahan seperti untuk pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM), budi daya perikanan lele dan lainnya.

BACA JUGA:25 Lampu Tenaga Surya Akan Terpasang di Jalan Seluma yang Gelap Gulita

Bantuan kelurahan yang dikucurkan pemkab setempat untuk menunjang program prioritas sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati Rejang Lebong dalam pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan UMKM, kelompok masyarakat maupun untuk kelembagaan yang ada di kelurahan.

BACA JUGA:24 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Black Friday hingga Hari Evolusi

"Untuk penyerapan anggaran baru 75 persen dari total pagu yang disiapkan," kata Bobby Harpa Santana, Kamis 23 November 2023. 

Lebih lanjut, Bobby mengatakan dari 34 Kelurahan tersebut, total anggaran mencapai Rp6,8 miliar, dan untuk penyerapan sudah sekitar Rp5,1 miliar dari total anggaran.

BACA JUGA:VIRAL Pria di Bengkulu Terekam CCTV, Curi dan Cium Celana Dalam Wanita di Kosan

Ia menambahkan untuk dana Kelurahan ini lebih besar dibandingkan tahun lalu, karena ditambah dengan program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang dikucurkan sebesar Rp100 juta dan ditambah Rp 100 juta untuk dana Kelurahan.

BACA JUGA:25 Lampu Tenaga Surya Akan Terpasang di Jalan Seluma yang Gelap Gulita

"Kalau untuk peruntukannya, dana Kelurahan untuk pembangunan fisik, dan untuk BKK ini kan untuk kegiatan pemberdayaan di Kelurahan masing-masing," tutupnya.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: