Hari Guru Nasional 2023, Guru Adalah Tugas Mulia Sudah Saatnya Sejahtera

Hari Guru Nasional 2023, Guru Adalah Tugas Mulia Sudah Saatnya Sejahtera

BENGKULU, BETVNEWS - Hari Guru Nasional (HGN) 2023 jatuh pada tanggal 25 November.--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Hari Guru Nasional (HGN) 2023 jatuh pada tanggal 25 November.

Berdasarkan Surat Edaran Kemendikbudristek RI, bahwa setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional sebagai wujud pemghormatan atas jasa para guru atau tenaga pendidik.

BACA JUGA:Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Minta Pemerintah Segera Cari Solusi Antrean Panjang di SPBU

Adapun tahun ini, peringatan HGN mengusung tema "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar".

Di momentum peringatannya, Ketua Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Seluma, Fitri Harneli, turut menyampaikan aspirasinya bahwa masih banyak permasalahan kesejahteraan yang dialami guru khususnya guru Honorer terkait pembayaran gaji.

BACA JUGA:26 November Memperingati Hari Anti Obesitas, Cek Daftar Peringatan Lain pada Tanggal Ini

"Salah satu guru honorer masih jauh dari kata sejahtera, begitu pun hak-hak guru yang status ASN mereka mengeluh  sulit mendapatkan hak mereka seperti tunjang propesi atau tunjangan THR. Padahal guru mempunyai peran besar untuk mencerdaskan bangsa ini," kata Ketua IGI Kabupaten Seluma, Minggu 26 November 2023.

BACA JUGA:Jonaidi Sukseskan Festival Pencak Serawai II Kabupaten Seluma, Puluhan Peserta Unjuk Kebolehan

Selain persoalan gaji, keluhan lainnya yang disampaikan yakni berasal dari para guru di daerah terpencil Kabupaten Seluma yang mengeluh  minimnya infrastruktur jalan menuju ke sekolah.

Apalagi ketika hujan tiba, untuk sampai ke sekolah guru bahkan siswa merasa kesulitan karena medan jalan yang dilalui sangatlah rusak.

"Seperti kejadian di SD 146 bukit gadis atau pu di Desa Simpang, kita tidak bisa lihat dari satu sisi saja. Bukan mereka malas untuk mengajar sedangkan akses jalan nya saja belum memadai masih tanah, seharusnya itu perlu diperhatikan," kata Fitri Harneli.

BACA JUGA:Kementan RI Salurkan Bantuan 150 Ton Benih Padi ke Dinas Pertanian Seluma

Mengingat kesejahteraan guru yang masih masih jauh sehingga membuat anak anak muda tidak tertarik untuk menjadi guru. Padahal peran guru sangat besar untuk mencerdaskan bangsa ini.

Selalu Ketua IGI Fitri Harneli, dirinya berharap ketika guru telah melaksanakan kewajiban, maka hak guru jangan pernah dihambat. Dan pihaknya sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: