Para Ibu Wajib Tahu! Ternyata Ini Dampak Negatif Konsumsi MSG Berlebihan, Kesehatan Bisa Jadi Ancaman

Para Ibu Wajib Tahu! Ternyata Ini Dampak Negatif Konsumsi MSG Berlebihan, Kesehatan Bisa Jadi Ancaman

Ilustrasi. Ini dampak negatif konsumsi MSG makanan berlebihan.--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Penggunaan MSG pada masakan adalah hal yang biasa dilakukan untuk meningkatkan cita rasa makanan seperti memberikan rasa gurih. Namun konsumsi MSG secara berlebihan tentu akan memiliki dampak negatif pada tubuh jika dikonsumsi berlebihan. 

MSG (monosodium glutamat) atau lebih sering dikenal dengan sebutan micin biasanya berbentuk bubuk kristal putih yang menyerupai garam meja atau gula. 

BACA JUGA:Mengenal Chinese Restaurant Syndrome, Apa Itu? Ternyata Ini Gejala Awal Kemunculannya, Hati-hati!

Dikutip dari berbagai sumber, konsumsi micin sebaiknya tidak lebih dari 5-6 gram perhari agar terhindar dari efek samping atau dampak yang mungkin muncul. 

Sebenarnya MSG merupakan bahan makanan yang aman untuk digunakan, namun jika dikonsumsi secara berlebihan maka sederet efek samping atau dampak negatif ini justru akan mengintai tubuhmu. Apa saja efek samping itu? Yuk simak ulasan berikut.

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini Cara Merebus Daun Salam untuk Ramuan Kesehatan, Rasakan Sensasi Khasiat dan Perubahannya

1. Sebabkan Sakit Kepala dan Kenaikan Tekanan Darah (Hipertensi)

Konsumsi micin atau MSG secara berlebihan dapat mengakibatkan peningkatan pada tenanan darah sehingga terjadi hipertensi. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan asam glutamat pada MSG yang dapat membuat pembuluh darah menyempit dan melebar sehingga menyebabkan lonjakan tekanan darah. 

Pelebaran pembuluh ini juga dapat mempengaruhi aktivitas yang tidak normal pada saraf-saraf otak sehingga rentan memicu sakit kepala. Penyebabnya adalah karena saraf di otak terstimulasi secara berlebihan. Bila dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan kematian sel-sel saraf di otak (neuron).

BACA JUGA:Tidak Hanya untuk Hiasan, Ini 5 Manfaat Buah Ceri bagi Kesehatan, Auto Mampu Membuatmu Tidur Nyenyak

2. Kerusakan Sel Saraf

Terdapat sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa kandungan glutamat pada MSG dengan dosis yang tinggi dapat berperan sebagai racun, sehingga dapat menyebabkan kerusakan saraf. 

Kerusakan saraf ini nantinya akan berujung pada penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, hingga stroke sebagai akibat dari kerusakan sara akibat konsumsi MSG. 

3. Obesitas dan Kegemukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: