Dampak Jalan Rusak, Pengaruhi Harga TBS dan Kebutuhan Pokok di Seluma

Dampak Jalan Rusak, Pengaruhi Harga TBS dan Kebutuhan Pokok di Seluma

Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Musri--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU,BETVNEWS - Jalan rusak di Desa Talang Beringin Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma, Provinsi BENGKULU, berdampak pada anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit dan naiknya harga kebutuhan pokok lainnya, karena Jalan rusak menyebabkan ongkos upah angkut keluar daerah maupun dari luar ke dalam kabupaten.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Musri membenarkan hal tersebut. Kata Musri jalan rusak menjadi ancaman bagi warga yang tinggal di desa. Jalan rusak mengakibatkan biaya angkut komoditas pertanian menjadi mahal. Oleh karena itu, banyak dijumpai perbedaan harga dari satu desa berbeda dengan desa lainnya.

BACA JUGA:Inilah 3 Cara Membuat Toner untuk Flek hitam, Wajah Putih Mulus Alami, Awet Muda Selamanya!

"Jelas beda harga di desa ini dibandingkan diluar tetapi tidak terlalu banyak hanya selisih dikit saja, perbedaan harga disebabkan jalan yang rusak," kata Musri, Sabtu 2 Desember 2023. 

Lanjutnya seperti harga sawit dan minyak bensin atau BBM, toke atau tengkulak tandan buah sawit tidak berani membeli buah dengan harga yang sama seperti di luar desa, begitu juga dengan penjual minyak bensin eceran mereka menjual dengan harga yang berbeda pada umumnya.

BACA JUGA:Universitas Dehasen Bengkulu Pamerkan Kreativitas Produk Wirausaha Mahasiswa

"Seperti tandan buah sawit disini harganya 1 kilogram sekitar Rp1.600 kalau diluar sekitar harga Rp2.000, begitu minyak bensin eceran umumnya diluaran harga Rp12.500 di dalam sini Rp14.000. Sebenarnya bisa dibilang wajar karena kita lihat akses jalan memang cukup sulit di lalui apalagi musim hujan seperti sekarang," lanjutnya. 

Sebab itu dirinya berharap agar akses jalan menuju Desa Talang Beringin agar segera dilakukan pembangunan jalan sehingga kehidupan roda perekonomian di desa tersebut bisa stabil, selain itu masyarakat pun sudah lama menantikan agar akses jalan tersebut diperbaiki oleh pemkab Seluma.

BACA JUGA:Cara Memutihkan Wajah Secara Permanen Pakai Bahan Dapur, Kulit Langsung Glowing Awet Muda Bebas Flek Hitam

"Kami sudah lama berharap menantikan jalan mulus di desa kami,  kepada Bupati dan DPRD Seluma agar dilakukannya perbaikan jalan tersebut, sehingga jalan mulus tidak hanya jadi mimpi kami saja," tutupnya.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: