Wacanakan Musik Dol Jadi Kreasi Senam, Dempo Xler: Kita Minta Gubernur Buat Surat Edarannya

Wacanakan Musik Dol Jadi Kreasi Senam, Dempo Xler: Kita Minta Gubernur Buat Surat Edarannya

Dempo Xler Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Musik Dol merupakan musik tradisional yang menarik. Ia tidak hanya memiliki unsur  irama musik saja tetapi juga memiliki gerakan olahraga. 

Hal terlihat dari gerakan pemain musik Dol yang dengan gerakan bisa menimbulkan suara yang enak untuk didengar dan para pemain bisa secara serentak melakukan pemukulan Dol tersebut.

Disampaikan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, S.IP, M.AP bahwa Dol musik tradisional Provinsi Bengkulu bisa menjadi bagian dari olahraga. Salah satunya senam musik Dol bisa dilakukan gerakan dengan mengikuti irama musil Dol.

BACA JUGA:Momentum Hari Disabilitas Internasional, Dempo: Pemerintah Harus Jamin Hak Penyandang Disabilitas

"Istansi pemerintah, sekolah atau kampus yang bisa menggunakan dj sebagai masik senam, kedepan harus musik Dol menjadi musik untuk melakukan gerakan senam," ungkap Dempo.

Dempo meminta pemerintah serius memperhatikan musik Dol agar menjadi bagian dari kreasi olahraga, seperti melalui surat edaran ke semua instansi pemerintah sekolah dan kampus untuk menjadi musik Dol sebagai musik untuk melakukan senam bersama.

"Pemerintah bisa mengeluarkan surat edaran agar musik Dol jadi musik ketikan senam di instansi pemerintah dan sekolah dimulai tahun 2024," ujarnya.

BACA JUGA:Kalaborasi Bersama FIM Regional Bengkulu, Dempo Xler Traning 100 Pemuda Bengkulu

Selain itu, Dempo juga menyarankan kepada pemerintah agar mengusulkan musil Dol sebagai warisan budaya asli Bengkulu ke Internasional karena hanya Provinsi Bengkulu yang memiliki musik tradisional Dol. 

"Musik Dol bisa diusulkan menjadi warisan budaya tak benda Provinsi Bengkulu asli musik tradisional Bengkulu," terangnya.

BACA JUGA:Dempo Xler Sayangkan Randis Nunggak Pajak, Pemutihan Tidak Dimanfaatkan

Musik Dol dimainkan oleh beberapa orang dengan cara memukul Dol secara serantak. Pemukulan Dol juga pernah dilakukan ratusan orang untuk meraih rekor MURI di Bengkulu.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: