Dempo Xler Dorong Seni dan Budaya Daerah Jadi Sumber PAD

Dempo Xler Dorong Seni dan Budaya Daerah Jadi Sumber PAD

Dempo Xler, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Ketua Komisi I DPRD Provinsi BENGKULU, Dempo Xler mengapresiasi Pemerintah Provinsi BENGKULU yang bekerja sama dengan BETV (BENGKULU Ekspress Televisi) atas terselenggaranya Tokok Dol Over Limit Festival yang sukses dilaksanakan pada Minggu 3 Desember 2023 lalu. 

Dirinya berharap Dol Bengkulu dapat dikenal tak hanya di kancah nasional namun juga internasional.

Bahkan tak menutup kemungkinan, melalui Dol, dapat menjadi sumber PAD Provinsi Bengkulu, layaknya Provinsi Bali yang memanfaatkan seni dan budaya sebagai sumber pajak.

Maka Provinsi Bengkulu pun juga sebenarnya bisa seperti itu, bahkan jika dikelola maksimal bisa mengalahkan Provinsi Bali.

BACA JUGA:Dol Itu Istimewa, Dempo: Bukan Sekedar Seni dan Budaya Melainkan Juga Olahraga

Dempo Xler menyampaikan, musik Dol harus terus dilestarikan, kedepan musik Dol tidak hanya menjadi musik seni dan budaya tetapi juga menjadi olahraga budaya. Bahkan bisa diusulkan menjadi cabang olahraga (Cabor) tokok Dol yang diperlombakan.

Dempo mendorong, agar kebudayaan dan seni seperti musik Dol bisa menjadi pendapatan daerah melalui pelestarian kebudayaan dan kunjungan wisatawan ke Bengkulu. Dirinya yakin perpaduan pariwisata, seni dan budaya bisa menjadi pendapatan utama Provinsi Bengkulu. 

"Sumber daya seni dan budaya tidak pernah habis, hal itu tidak sama dengan sumber daya alam yang perlu dimanfaatkan dengan maksimal," kata Dempo Xler. 

BACA JUGA:Wacanakan Musik Dol Jadi Kreasi Senam, Dempo Xler: Kita Minta Gubernur Buat Surat Edarannya

Selain itu, sambung politisi PAN ini menerangkan bahwa dol membawa energi positif karena tidak ada satupun manusia di muka bumi yang tidak menyukai seni. Hanya saja yang membedakannya itu mana penikmat dan yang bisa memainkannya. 

Jadi bagaimana dol ini nantinya memiliki nilai jual dan daya tarik untuk pengunjung ke Provinsi Bengkulu. 

Sehingga kedepan adalah pekerjaan kita bersama. Tokok Dol adalah salah satunya. Kalau DPRD selaku legislatif tidak bersinergi dengan eksekutif tentu saja tidak akan berjalan apa yang dicita-citakan.

BACA JUGA:Kalaborasi Bersama FIM Regional Bengkulu, Dempo Xler Traning 100 Pemuda Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: