Pernah Dengar Gaslighting? Ini Makna hingga Cara Mengatasinya, Hati-hati Jika Bertemu

Pernah Dengar Gaslighting? Ini Makna hingga Cara Mengatasinya, Hati-hati Jika Bertemu

Ilustrasi. Makna hingga cara mengatasi orang gaslighting yang perlu diketahui.--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Berikut ini ada istilah gaslighting yang bisa jadi masih banyak yang belum mengatahui. Simak ulasannya di sini untuk mengetahui makna, tanda-tanda hingga cara mengatasinya.

Tidak sedikit orang tentu akan mengambil cara ini dan memanfaatkan situasi yang terjadi. Diketahui pula bahwa orang yang memiliki gaslighting ini dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang, sehingga perlu berhati-hati jika bertemu.

Makna gaslighting adalah suatu tindakan manipulasi yang dilakukan seseorang secara konsisten dan mencoba untuk meyakinkan orang lain bahwa ia salah, padahal kenyataannya tidak.

BACA JUGA:Hati-hati dengan Ini, Cek 7 Jenis Mental Block yang Bikin Resah, Pernah Kamu Alami?

Gaslighting dapat membuat seseorang menjadi ragu akan diri sendiri, sehingga mengurangi rasa percaya diri, bahkan mempertanyakan kewarasan yang dimiliki.

Sementara istilah gaslighting muncul dari sebuah film yang diproduksi di tahun 1938 dengan judul Gaslight. Kisah dari film ini menceritakan bahwa seorang suami sering melakukan manipulasi dan menyiksa.

Bahkan memberi keyakinan terhadap istrinya yang telah kehilangan sebuah kewarasan atau disebut gila. Berikut ini tanda-tanda bahwa seseorang sedang mengalami gaslighting, dikutip dari akun Instagram personalitydoc, yakni:

BACA JUGA:Cara Mengetahui Seorang Perempuan Bermental Kuat, Cek 5 Tanda Ini! Kamu Salah Satunya?

1. Dia akan terus menyangkal dan berbohong

Salah satu tandanya adalah dia akan menyangkal apapun walaupun kamu punya buktinya. 

Sehingga terciptalah kebohongan-kebohongan lain dan berpura-pura menjadi korban, bahkan ia memberitahukan padamu bahwa ada orang lain yang berbohong atau sebaliknya kamu berbohong.

2. Seseorang memutarbalikkan masalah

Tanda lainnya, seperti seseorang yang tadinya membicarakan tentang dirinya lalu berganti membicarakan kamu.

Sehingga dia menunjukkan sumber masalahnya ada padamu, kemudian orang tersebut akan menggunakan hal apapun entah kekurangan atau sesuatu yang kamu sayangi untuk membuatmu takut dan juga merasa bersalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: