Keberangkatan Umrah dari Bandara Fatmawati Bengkulu Batal Dilaksanakan, Ini Alasannya

Keberangkatan Umrah dari Bandara Fatmawati Bengkulu Batal Dilaksanakan, Ini Alasannya

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Bengkulu Dr. H. Intihan, S.Ag,M.H usai rapat bersama Pemprov Bengkulu, Senin 8 Januari 2024.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Keberangkatan umrah pertama direncanakan mulai bulan Januari 2024 ini, dari Bandara Fatmawati Bengkulu batal dilaksanakan. Hal ini, setelah Maskapai Lion Air memberikan pemberitahuan ketidaksiapan pesawat.

BACA JUGA:DP3AP2KB Kota Bengkulu Targetkan Angka Stunting 9 Persen di Tahun 2024

"Ada gangguan teknis, pesawat yang direncanakan bakal berangkat dari Bengkulu ke Arab Saudi mengalami gangguan tidak bisa terbang karena pintu pesawat lepas. Sehingga pesawat ditarik oleh produsen dan maskapai kekurang pesawat," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Bengkulu Dr. H. Intihan, S.Ag,M.H usai rapat bersama Pemprov Bengkulu, Senin 8 Januari 2024.

BACA JUGA:Program PTSL Gratis Tahun 2024, Seluma Dapat Kuota 1.500 Bidang Tanah

Ia mengatakan, untuk keberangkat umrah langsung dari Bandara Fatmawati Bengkulu ditundah terlebih dulu sampai kesiapan berikutnya. Sementara itu fasilitas dari Pemprov dan Angkasa Pura sudah siap, seperti ruang tu ggu VIP, x-ray dan lainnya.

"Untuk sementara dipending dulu. Kalau kesiapan angkasa pusa sudah siap untuk fasilitas tapi itulah kendala maskapai," ujarnya.

BACA JUGA:Hari Terakhir Setor, 8 Desa di Seluma Belum Serahkan Laporan Tutup Buku Tahun 2023

Dilanjut Intihan, rencana awal dalam 2 minggu 1 kali penerbang langsung ke Arab Saudi dari Bandara Fatmawati Bengkulu. Setiap penerbangan menimal sebanyak 200 penumpang. Sehingga dengan adanya pembatalan maka keberangkatan bisa melalu Sumatera Barat dan Jakarta.

"Rencana awal setiap penerbangan 200 penumpang, dalam waktu 2 minggu 1 kali berangkat," jelasnya.

BACA JUGA:Sepanjang 2023, Kasus KDRT hingga Persetubuhan Anak Meningkat di Bengkulu Utara

Untuk jumlah travel umrah di Provinsi Bengkulu sebanyak 33 travel, 2 kantor pusat, selebihnya kantor cabang. Kalau dari travel umrah mereka cukup antusias tetapi tidak bisa dipungkiri ada gangguan teknis.

"Mereka sebenarnya antusias tapi mau bagaimana kendala teknis," terangnya.

BACA JUGA:DPD: Keran Otonomi Daerah Baru Dibuka, Pemekaran Bumi Pekal dan Lembak Semakin Terbuka

Ditambah Intihan, jika keberangkat dari Bengkulu perhitungannya bisa memangkas biaya dan waktu ada jarak dan yang dipangkas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: