9 Januari Memperingati Hari Listrik Statis, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh Pada Tanggal Ini

9 Januari Memperingati Hari Listrik Statis, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh Pada Tanggal Ini

Tahun ini, 9 Januari 2024 bertepatan dengan hari Selasa. Tanggal ini memperingati Hari Listrik Statis.--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Setiap tanggal di kalender memiliki perayaan yang diperingati oleh sebagian orang, termasuk pada 9 Januari. Lantas tanggal ini memperingati hari apa?

Tahun ini, 9 Januari 2024 bertepatan dengan hari Selasa. Tanggal ini memperingati Hari Listrik Statis

Peringatan ini adalah hari yang didedikasikan untuk fenomena muatan listrik yang menarik serta mempelajari mengapa dan bagaimana hal itu terjadi. 

Selain itu, ada beberapa perayaan lain yang ada di tanggal ini.

BACA JUGA:8 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Rotasi Bumi

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 9 Januari:

1. Hari Listrik Statis

Hari Listrik Statis diperingati setiap tanggal 9 Januari. Peringatan ini adalah hari yang didedikasikan untuk fenomena muatan listrik yang menarik serta mempelajari mengapa dan bagaimana hal itu terjadi. 

Listrik statis mengacu pada peningkatan muatan listrik yang ada pada permukaan suatu benda. Muatan ini tetap berada di permukaan tersebut, bergerak ke tanah, dilepaskan, atau berpindah ke benda lain. 

Ketika dua benda digosokkan, kedua benda tersebut memperoleh muatan yang sama besar dan berlawanan arah sehingga menimbulkan gaya tarik-menarik di antara keduanya. 

Filsuf Yunani, Thales dari Miletus, adalah orang pertama yang menyebutkan listrik statis dalam catatannya.

BACA JUGA:5 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Korps Wanita Angkatan Laut

Hal ini ditindaklanjuti 300 tahun kemudian ketika Theophrastus menggosokkan batu-batu yang berbeda untuk mengamati "kekuatan tarik-menarik" ini. Namun tak satu pun dari mereka yang meneliti fenomena ini secara mendalam.

Sekitar 2.000 tahun kemudian, setelah istilah 'listrik' diciptakan. Ilmuwan Jerman Otto von Guericke mulai meneliti listrik statis, fisikawan Prancis Charles-Augustin de Coulomb meneliti listrik statis dalam jumlah tetap, dan ilmuwan Amerika Benjamin Franklin mengaitkan listrik statis dengan badai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: