Kasus DBD dan ISPA Berpotensi Naik Saat Musim Hujan, Begini Imbauan Dinkes Kota Bengkulu

Kasus DBD dan ISPA Berpotensi Naik Saat Musim Hujan, Begini Imbauan Dinkes Kota Bengkulu

Joni Haryadi Thabrani, SKM, MM., PIt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) berpotensi mengalami kenaikan saat memasuki musim hujan.

Oleh sebab itu, masyarakat pelru mewaspadai potensi tersebut mengingat Kota Bengkulu telah memasuki musim hujan sejak awal Januari 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Joni Haryadi Thabrani, SKM, MM., PIt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Jembatan Penghubung Desa Air Melancar-Talang Durian Rusak Parah, Akses Pelajar ke Sekolah Terganggu

Untuk mencegah penyebaran penyakit DBD, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan di sekitar rumah dan lingkungannya masing-masing.

"Kami selaku garda terdepan di Kota Bengkulu di bidang kesehatan  mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan di sekitar rumah dan lingkungannya masing-masing," sampai PIt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu kepada BETVNEWS, Sabtu 13 Januari 2024.

BACA JUGA:Meriahkan HUT ke-20 Kepahiang, Ratusan Peserta Ikuti Turnamen Grasstrack Motor Cross Escobar Cup IV

Lanjut plt Kadinkes Kota Bengkulu, adapun tempat atau sarana umum yang harus dibersihkan disekitar lingkungan seperti, saluran got, tempat tergenang, dan bak kamar mandi.

Masyarakat diimbau untuk selalu menerapkan 3M (Menguras, Menutup, Mengubur) agar nyamuk penyebar virus DBD tidak berkembang biak secara bebas.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: DPO Curanmor Diringkus di Pondok Persembunyian

Sementara untuk mencegah penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), pihaknya mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan obat-obatan dan vitamin guna menjaga kesehatan.

Terlebih, ISPA merupakan gangguan pernapasan yang mudah menular, khususnya anak-anak dan mereka yang berusia lanjut (lansia). 

BACA JUGA:Cegah Kasus Asusila, Dispendikbud Seluma Minta Guru Awasi Penggunaan Gadget Siswa

"Di musim hujan seperti ini hampir bisa dipastikan kasus ISPA juga akan meningkat. Seluruh masyarakat dan Pusat Kesehatan Masyrakat (Puskesmas) diharapkan mempersipakan obat-obatan dan vitamin guna menjaga kesehatan," tambah PIt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: