Pengguna Android Wajib Tahu, 4 Cara Mengatasi HP Lemot, Cukup Lakukan Ini Secara Rutin!

Pengguna Android Wajib Tahu, 4 Cara Mengatasi HP Lemot, Cukup Lakukan Ini Secara Rutin!

Ilustrasi. Cara mengatasi HP Android lemot.--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Tidak sedikit dari kita sebagai pengguna HP (handphone) khususnya Android kerap kali bermasalah dengan ponsel yang lemot. Bukan hal baru, kondisi ini membuat seseorang tidak maksimal menggunakannya.

Namun, jangan terburu-buru untuk membeli HP baru, karena kondisi ini kerap terjadi di berbagai merek smartphone. Lemotnya HP Android bisa jadi karena beberapa hal, misalnya ruang penyimpanan yang terbatas, adanya serangan virus atau malware, kapasitas RAM yang kurang, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Ketahui Sebelum Membeli! Inilah 7 Perbedaan Sistem iOS dan Sistem Android, Mana Yang Lebih Unggul?

Dengan begitu tidak menutup kemungkinan smartphone-mu akan lemot. Setiap pengguna tentu akan mengalami hal ini saat memiliki ponsel, rata-rata karena memori penuh sebab terisi dengan beragam aplikasi di dalamnya.

Tidak jarang akan membuat kinerja ponsel menurun dan lamban, entah karena dari aplikasi atau datanya penuh karena sering dimainkan. Bahkan parahnya lagi, jika pembersihan ponsel tidak dilakukan dengan rutin, yang membuat kinerja ponsel semakin lamban.

Dikutip dari laman teknohits, sehingga perlu untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara untuk mengatasi HP lamban, simak ulasan berikut.

BACA JUGA:49 HP Android dan iOS Berikut Ini Tak Bisa Lagi Akses Whatsapp, Mulai 1 Januari 2024, Cek Daftarnya..

Cara mengatasi HP Android lemot

1. Bersihkan memori sistem secara rutin

Teknologi seperti Android, sistemnya sudah diatur secara otomatis sesuai dengan perintah yang diberikan oleh pengguna. Sehingga, benda pipih ini punya kemampuan manajemen sangat baik. Itulah kenapa ponsel genggam itu disebut canggih.

Persoalan umum yang kerap terjadi, setiap pengguna akan merasa ponsel yang dimilikinya sudah tidak lagi optimal. Kinerja HP sudah tidak stabil sehingga mengalami lemot, hal ini terjadi salah satunya karena banyaknya aplikasi yang digunakan.

BACA JUGA:5 Alasan iPhone Jadi Pilihan Pengguna Dibanding Android, Salah Satunya Mudah Digunakan

Tidak perlu khawatir, pasalnya setiap ponsel yang diluncurkan sudah memiliki fitur pembersih memori sistem. Jika tidak terdapat fitur tersebut, kamu perlu mempertimbangkan untuk segera menginstal aplikasi khusus pembersihan memori Android.

Membersihkan RAM pada ponsel, ketika menutup beragam aplikasi yang tidak diinginkan dan bahkan menghabiskan memori ponsel, itu merupakan langkah terbaik agar kinerja Android menjadi lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: