Bisa Jadi Obat Herbal, Ini 3 Cara Mudah Mengolah Daun Sirsak untuk Kesehatan

Bisa Jadi Obat Herbal, Ini 3 Cara Mudah Mengolah Daun Sirsak untuk Kesehatan

Ilustrasi. Cara mudah mengolah daun sirsak untuk kesehatan, bisa jadi obat herbal.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Beberapa cara ini dapat dilakukan untuk mengolah daun sirsak untuk kesehatan. Dapat menjadi obat herbal, daun sirsak ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Bukan buahnya saja, daun sirsak ternyata memiliki manfaat luar biasa salah satunya dapat menjadi obat anti kanker.

Dilansir dari laman sahabatnestle.co.id, memang saat ini, sudah banyak ramuan dan juga obat herbal yang memakai daun sirsak, sebab manfaat daun sirsak itu sangat luar biasa bagi kesehatan.

BACA JUGA:Ampuh Mengobati Maag, Ini 6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Cek Kandungannya di Sini!

Ramuan dan juga obat herbal ini banyak dijual di pasaran dari beragam kemasan serta harga yang bervariatif. Namun tidak ada salahnya jika kamu mengolah daun sirsak menjadi obat alami secara mandiri.

Hal tersebut dilakukan supaya dapat menghindari zat kimia saat pembuatan masal ramuan dan obat herbal dari daun sirsak tersebut.

Untuk cara pengolahannya tidak begitu sulit, kamu hanya perlu memperhatikan pemilihan pengolahan daun sirsak. Sebaiknya pilih daun sirsak yang tidak terlalu muda dan juga belum tua untuk mendapat manfaat yang lebih optimal.

BACA JUGA:Ampuh Redakan Nyeri Perut Saat Haid, Ini 10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Cek Khasiat Lainnya!

Daun yang telalu muda, kandungan pada senyawa acetogeninnya belum terbentuk, sementara daun yang tua kandungan acetogenin sudah ada yang rusak, sehingga kandungannya juga rendah.

Berikut adalah cara pengolahan daun sirsak menjadi obat alami yang dapat dipraktikkan langsung di rumah. Hanya saja, ada baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, supaya menghindari terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan, Dipercaya Turunkan Risiko Keracunan Makanan, Cek Kandungannya!

1. Direbus

Dalam pengolahan daun sirsak dengan direbus, dapat siapkan 10-15 lembar daun sirsak. Lalu cuci bersih terlebih dahulu menggunakan air mengalir. 

Panaskan air sejumlah 600 cc (3 gelas) di atas api kecil, kemudian masukkan daun sirsak, dan tunggu sampai menguap dan tersisa air rebusan sebanyak 1 gelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: