Tingkatkan Pelayanan, RSHD Kini Dilengkapi Fasilitas CT Scan Berteknologi 64 Slice

Tingkatkan Pelayanan, RSHD Kini Dilengkapi Fasilitas CT Scan Berteknologi 64 Slice

RSHD mengumumkan peluncuran alat kesehatan modern dan berteknologi mutakhir yaitu, Computerized Topography Scan (CT Scan). --(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Di usia yang telah menginjak 1 dasawarsa, Rumah Sakit Harapan dan Doa (RSHD) Kota Bengkulu terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan, baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun fasilitas teknologi kesehatan terbaru.

Teranyar, RSHD mengumumkan peluncuran alat kesehatan modern dan berteknologi mutakhir yaitu, Computerized Topography Scan (CT Scan) berteknologi 64 Slice. 

BACA JUGA:Kedai Ayam Geprek di Telaga Dewa Nyaris Ludes Terbakar

CT Scan merupakan alat pemeriksaan medis yang menggunakan kombinasi teknologi sinar-X dan sistem komputer khusus untuk menghasilkan gambar organ, tulang, serta jaringan lunak di dalam tubuh.

Ade Supriyadi, SKM, Kepala Ruang Instalasi Radiologi RSHD menjelaskan, bahwa fasilitas CT Scan RSHD dengan type Incisive CT 64 Slice sudah memiliki izin pemanfaatan sumber radiasi yang dikeluarkan oleh BAPETEN (Badan Tenaga Pengawas Nuklir) No.12870.384.3.121223.

BACA JUGA:356 Peserta Lulus Tes PPPK Guru di Kota Bengkulu, Bakal Ditempatkan di Sekolah Asal

"CT Scan ini sudah dilengkapi dengan 1 unit Gantry, 1 unit Injector, 1 unit Panel Control untuk petugas melakukan scanning dan 1 unit Workstation untuk petugas melakukan pengolahan gambar hasil scaning," jelas Karu Instalasi Radiologi RSHD kepada BETVNEWS, Senin 22 Januari 2024.

BACA JUGA:Pembangunan Selesai, 79 Kios Pasar Jangkar Pulau Baai Mulai Dihuni Pedagang

Pemeriksaan CT scan digunakan harus dengan indikasi medis. CT Scan di RSHD memliki kemampuan dalam mengolah gambar axial, sagital, coronal dan gambaran 3 dimensi.  

Sehingga, memberikan informasi yang lebih rinci dan akurat daripada foto rontgen biasa dan juga tidak akan memakan waktu lama. Selain itu, teknologi ini juga tidak menimbulkan rasa sakit saat prosedur penanganan.

BACA JUGA:Pemprov Siapkan Bantuan 1.118 Unit Alsintan, Target Disalurkan Februari 2024

Bagi masyarakat tidak mampu, tak perlu khawatir akan persoalan biaya karena pemeriksaan CT Scan di RSHD bisa menggunakan fasilitas dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 

BACA JUGA:Musnahkan Limbah Medis, KLHK Bakal Bangun Insinerator di Bengkulu

"Untuk saat ini, tarif CT Scan di RSHD masih menggunakan Peraturan Walikota (Perwal) yang lama tahun 2017. RSHD sudah mengajukan untuk perubahan perwal tarif dan saat ini proses pengajuannya sudah samapai di Menteri Dalam Negeri (Mendagri)," pungkas Ade Kepala Ruang Instalasi Radiologi RSHD Kota Bengkulu.(*)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: