23 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Tulisan Tangan

23 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Tulisan Tangan

Lantas tanggal ini memperingati hari apa? Tahun ini, 23 Januari 2024 jatuh pada hari Selasa. Tanggal ini memperingati Hari Tulisan Tangan.--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Hampir setiap tanggal memiliki perayaan yang diperingati tiap tahun, termasuk pada 23 Januari. Lantas tanggal ini memperingati hari apa?

Tahun ini, 23 Januari 2024 jatuh pada hari Selasa. Tanggal ini memperingati Hari Tulisan Tangan.

Peringatan ini diadakan untuk memperingati hari ulang tahun John Hancock, orang pertama yang menandatangani Deklarasi Kemerdekaan. 

Selain itu, ada beberapa peringatan lain yang ada di tanggal ini.

BACA JUGA:19 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Kenangan Baik

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 23 Januari:

1. Hari Tulisan Tangan

Setiap tanggal 23 Januari diperingati sebagai Hari Tulisan Tangan. Peringatan ini diadakan untuk memperingati hari ulang tahun John Hancock, orang pertama yang menandatangani Deklarasi Kemerdekaan. 

Tanda tangannya menjadi begitu terkenal sehingga kita sekarang biasa menggunakan 'John Hancock' sebagai istilah lain untuk 'tanda tangan'.

Asal usul tulisan yang sebenarnya masih belum jelas, namun tulisan muncul secara independen di beberapa wilayah di dunia kuno. Mulai dari Meso-Amerika hingga Tiongkok, India, dan Mesopotamia, yang dimulai sekitar tahun 3400 SM. 

BACA JUGA:17 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Kita Tidak Rusak Sedunia

Tulisan-tulisan paling awal yang diketahui berasal dari Irak saat ini, tanda-tanda bergambar yang kemudian diganti dengan sistem karakter kompleks berdasarkan bunyi bahasa Sumeria yang dikenal sebagai paku. 

Tulisan tangan memiliki banyak kegunaan dalam kegunaan dan pencatatan, korespondensi, sastra, dan seni. Kaligrafi, seni huruf dekoratif, mengangkat tulisan menjadi bentuk seni yang sangat indah. Contoh kaligrafi tradisional termasuk peralatan perunggu Tiongkok kuno, hieroglif Maya, manuskrip bergambar Eropa Barat, dan prasasti masjid Islam.

Meskipun di dunia digital saat ini cenderung mencatat segala sesuatu di perangkat elektronik, penelitian menunjukkan bahwa menulis dengan tangan memiliki manfaat dibandingkan mengetik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: