Mengenal Assabiqunal Awwalun, Apa Itu? 5 Sahabat Nabi Muhammad SAW Ini Termasuk

Mengenal Assabiqunal Awwalun, Apa Itu? 5 Sahabat Nabi Muhammad SAW Ini Termasuk

Ilustrasi. Golongan dari sahabat Nabi Muhammad SAW yang termasuk assabiqunal awwalun.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat 5 sahabat Nabi Muhammad SAW yang termasuk dalam golongan assabiqunal awwalun. Istilah tersebut dapat dimaknai sebagai orang/golongan yang pertama memeluk Islam, mereka sudah ada sejak Rasulullah memulai dakwahnya.

Sebagaimana diketahui, dalam Islam sahabat nabi tidak hanya satu atau dua, tapi ada banyak. Sehingga pada masanya banyak pula yang mendukung dan ikut serta dalam perjalanan dakwah Nabi Muhammad SAW

BACA JUGA:Masya Allah, 10 Sahabat Nabi Muhammad SAW Ini Dijamin Masuk Surga, Siapa Saja?

Bahkan dalam perkembangan Islam sendiri, ada kontribusi dari sejumlah sahabat yang membantu penyebaran dakwah Rasulullah. Inilah kenapa para sahabat yang sedari awal berjuang bersama Nabi Muhammad SAW, lantas disebut sebagai Assabiqunal Awwalun.

Menurut Rizem Aizid dalam bukunya "The Great Sahaba" (2018), mengatakan bahwa untuk mereka yang pertama kali masuk dalam Islam, Allah sudah melimpahkan keistimewaan teruntuknya sebuah jaminan masuk ke surga.

BACA JUGA:Luar Biasa! Ada 5 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Sukses Menjadi Pebisnis Ulung, Ternyata Karena Hal Ini

Hal ini disebutkan dalam Surah At-Taubah ayat 100, yang artinya:

"Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar."

Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa ada orang yang kali pertama masuk Islam (Assabiqunal Awwalun), dengan mendapat keistimewaan yakni menjadi bagian penghuni surga.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi, Abu Dzar si Paling Miskin tapi Hidup Bahagia, Bikin Kagum Ternyata Karena Ini Masuk Islam!

Hal tersebut terjadi karena para sahabat memberi dukungan atas dakwah Nabi Muhammad SAW. Dilansir berbagai sumber, golongan ini masuk Islam di awal abad ketujuh atau pada mulanya kenabian Nabi Muhammad SAW.

Diketahui pula bahwa Rasulullah merupakan Nabi terakhir atau disebut juga sebagai Penutup Para Nabi.

Terlebih di masa tersebut ia lahir dari lingkungan yang penuh dengan adanya kekerasan, bahkan banyak dari mereka sebagai penyembah berhala.

BACA JUGA:Masya Allah, Kisah Abu Thalhah Sahabat Nabi Muhammad SAW, Jasadnya Utuh dan Dijamin Masuk Surga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: