27 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Pemompaan ASI Sedunia

27 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Pemompaan ASI Sedunia

Lantas tanggal ini memperingati hari apa? Tahun ini, 27 Januari 2024 jatuh pada hari Sabtu. Tanggal ini memperingati Hari Pemompaan ASI Sedunia.--(Sumber Foto: RDNE/Pexels)

BETVNEWS - Hampir semua tanggal memiliki peringatan yang dirayakan setiap tahunnya, termasuk pada 27 Januari. Lantas tanggal ini memperingati hari apa?

Tahun ini, 27 Januari 2024 jatuh pada hari Sabtu. Tanggal ini memperingati Hari Pemompaan ASI Sedunia.

Peringatan ini diadakan untuk merayakan ibu dan bayi serta untuk mengakui waktu, upaya, dan tanggung jawab yang dibutuhkan dalam memompa ASI.

BACA JUGA:26 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Pabean Internasional

Selain itu, ada beberapa perayaan lain yang ada di tanggal ini.

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 27 Januari:

1. Hari Pemompaan ASI Sedunia

Tanggal 27 Januari diperingati sebagai Hari Pemompaan ASI Sedunia. Peringatan ini diadakan untuk merayakan ibu dan bayi serta untuk mengakui waktu, upaya, dan tanggung jawab yang dibutuhkan dalam memompa ASI.

Sejarah pemompaan payudara dimulai pada abad ke-19. Kemudian, pompa payudara adalah alat kesehatan yang digunakan untuk merawat puting susu dan untuk membantu bayi yang terlalu kecil atau terlalu lemah untuk menyusu.

BACA JUGA:25 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Gizi Nasional

Pompa ASI hanya digunakan secara profesional hingga tahun 1991. Pabrikan Swiss, Medela, secara khusus memperkenalkan pompa ASI pertamanya yang bertenaga listrik dan dioperasikan dengan vakum, yang tidak dimaksudkan hanya untuk penggunaan di rumah sakit. Sejak saat itu, produk ini telah ada dan tersedia untuk para ibu.

Kemudian pada tahun 2017, Hari Pemompaan Payudara Sedunia ditetapkan oleh Wendy Armbruster.

Armbruster adalah seorang wanita Kanada yang menciptakan PumpEase™ pemenang penghargaan, bra pemompa payudara tanpa menggunakan tangan.

Hari Pemompaan Payudara Sedunia untuk mendorong para ibu pemompa payudara di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: