Jonaidi SP Realisasikan Bantuan Alsintan Gratis kepada 30 Poktan di Seluma

Jonaidi SP Realisasikan Bantuan Alsintan Gratis kepada 30 Poktan di Seluma

Jonaidi, SP, MM Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu yang selama ini fokus pada sektor pertanian, kembali merealisasikan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada 30 kelompok pertanian (Poktan) di Kabupaten Seluma. --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Jonaidi, SP, MM Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu yang selama ini fokus pada sektor pertanian, kembali merealisasikan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada 30 kelompok pertanian (Poktan) di Kabupaten Seluma

Hal ini dibagikan secara simbolis bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu M. Rizon, S.Hut, M.Si yang dihadiri perwakilan Poktan dan penyuluh pertanian di UPTD Mekanisasi Pertanian, Selasa 30 Januari 2024.

BACA JUGA:Musim Hujan, DBD di Seluma Capai 27 Kasus Selama Januari

"Bantuan Alsintan merupakan usulan dan keinginan masyarakat untuk mendapatkan perhatian pemerintah dalam bentuk bantuan di bidang pertanian. Karena pertanian merupakan tulang punggung pertahanan Nasional," ungkap Jonaidi.

BACA JUGA:Cek Kesiapan Pengamanan Pemilu, Kapolda Bengkulu Kunjungi Polres Seluma

Ia mengatakan, bantuan Alsintan berupa 2 handtraktor, kemudian mesin pemotong rumput, terpal padi dengan 3 jenis, dan hand sprayer 37 unit. Pengadaan bersumber dari APBD Provinsi Bengkulu. 

"Pengadaan bersumber dari uang rakyat yang dianggarkan dalam APBD Provinsi Bengkulu. Saya katakan Pemerintah Provinsi Bengkulu harus maksimal pengadaan Alsintan karena menyangkut hajar hidup rakyat kita bersandang di sektor pertanian," terangnya.

BACA JUGA:Diduga Ada Calon DPD RI Bagi-bagi Minyak Goreng Saat Kampanye di Bengkulu Tengah

Dilanjutkan Jonaidi, bagi Poktan yang membutuhkan bantuan Alsintan bisa mengusulkan ke dinas terkait dengan kriteria memiliki lahan dan Poktan teregisterasi atau resmi. 

"Poktan yang belum mendapatkan silakan saja mendaftar untuk mendapatkan Alsintan dengan syarat punya lahan dan Poktan resmi," ujarnya.

BACA JUGA:Persiapan Pemilu 2024, KPU Kota Bengkulu Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Sementara itu, Kepala TPHP Provinsi Bengkulu M. Rizon, S.Hut, M.Si mengatakan, masyarakat Provinsi Bengkulu lebih dari 45 persen bergerak di sektor pertanian sehingga dukungan pemerintah terhadap pengadaan bantuan Alsintan gratis kepada Poktan kabupaten/kota.

"Kita terus bersinergi bersama Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui bantuan Alsintan dan bibit gratis" ujarnya. 

BACA JUGA:KPU Seluma Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: