Jangan Asal Beli! Simak 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli iPhone Bekas

Jangan Asal Beli! Simak 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli iPhone Bekas

Jangan asal beli! Simak 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli iPhone bekas--(Sumber Foto: iStockPhoto)

Kualitas baterai atau kapasitas baterai menjadi hal yang paling penting bagi iPhone. Oleh sebab itu sebelum membeli iPhone, pastikan untuk memeriksa kondisi baterai terutama saat membeli iPhone second. 

Kamu dapat memeriksa kualitas baterai dengan mudah melalui menu Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai atau (Settings > Battery > Battery Health & Charging).

BACA JUGA:4 Rekomendasi iPhone Harga Rp8 Jutaan, Performa Mantul Spesifikasi Unggulan, Cek Sebelum Beli!

Saat memeriksa kondisi baterai, pastikan kesehatan baterai tidak berada di bawah 80% dan tidak menunjukkan keterangan 'service'. Jika ponsel yang hendak kamu beli menunjukkan keterangan tersebut, sebaiknya pertimbangkan kembali sebelum membelinya. 

3. Memeriksa Konektivitas Perangkat

Banyak iPhone bekas yang dijual namun tidak terhubung pada operator seluler atau wifi only. Hal ini tentunya akan mengganggu kinerja ponsel sehingga perlu dipertimbangkan ulang sebelum membeli. 

BACA JUGA:Daftar Harga iPhone 11, 12, 13, 14, hingga 15 di iBox per Februari 2024

Kamu bisa memeriksanya di menu pengaturan dengan membuka Pengaturan > Umum > Mengenai atau (Settings > General > About). Jika ada keterangan 'Tidak ada pembatasan SIM' di sebelah Kunci Operator, maka artinya iPhone tidak terkunci dengan operator jaringan apapun. 

BACA JUGA:Bisa Jadi Bahan Pertimbangan, Ketahui 5 kelebihan dan Kekurangan iPhone 11 Sebelum Membeli

Namun apabila jika tampil dari salah satu merek operator seluler, artinya iPhone hanya merk operator seluler tersebut yang dapat digunakan dengan operator tersebut. 

Selain memeriksa konektivitas perangkat melalui jaringan seluler, kamu juga sebaiknya memeriksa koneksi Wi-fi, Bluetooth dan Airdrop. Pastikan jika konektivitas tersebut juga berfungsi dengan baik. 

BACA JUGA:Catat! Inilah 5 Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE, Cek Dulu Sebelum Beli

4. Memeriksa Hardware

Selain membeli iPhone bekas, kamu juga perlu memeriksa hardware dari ponsel dengan memeriksa kondisi bagian-bagian berikut :

  • Kamera, pastikan fungsi semua fitur kamrea berjalan dengan baik
  • Speaker, lakukan pengecekan speaker dengan memutar musik dan dengarkan dengan volume up dan volume down, periksa setiap bagian speaker untuk memastikan jika speaker menyala

BACA JUGA:Cek Spesifikasi dan Fitur iPhone 15 Pro Max di Sini! HP Canggih Berkualitas Tinggi yang Layak Diandalkan

  • Microphone, periksa microphone dengan menggunakan aplikaso 'memo suara' pada iPhone
  • Layar LCD, pemeriksaan ini dapat digunakan dengan menggunakan assistive touch. Pastikan agar layar berfungsi sedangan baik.
  • NFC, dapat dilakukan dengan menempelkan kartu elektronik pada bagian belakang di atas kamera belakang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: