Baik untuk Kesehatan Mental, Ini 4 Manfaat Puasa yang Perlu Kamu Tahu!

Baik untuk Kesehatan Mental, Ini 4 Manfaat Puasa yang Perlu Kamu Tahu!

Ilustrasi. Manfaat puasa bagi kesehatan, salah satunya baik untuk mental.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat beberapa manfaat puasa yang baik untuk kesehatan. Salah satunya dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Dalam Islam, puasa menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan. Ada puasa sunah dan ada juga puasa wajib seperti puasa Ramadan yang wajib untuk dikerjakan umat Muslim.

Dengan meniatkan puasa semata-mata hanya karena Allah SWT. Tentunya puasa ini diperuntukan bagi siapa saja yang hendak mengerjakannya.

BACA JUGA:Cek di Sini! Bacaan Niat dan Keutamaan Puasa Nisfu Syaban, Yuk Amalkan

Puasa tidak akan membuat seseorang sakit bahkan dapat membuat tubuh menjadi sehat. Tentunya dengan mengonsumsi makanan yang dianjurkan dan menjaga kesehatan adalah hal yang penting.

Sebagaimana diketahui, puasa adalah ibadah yang dijalani tanpa makan maupun minum dan tiba waktunya untuk berbuka. Dengan tetap menjaga pola makan serta melakukan kegiatan yang positif tentu akan berpengaruh bagi tubuh termasuk kesehatan mental seseorang.

BACA JUGA:Namanya Qais bin Shirmah, Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Pingsan saat Puasa, Cek Kisahnya di Sini

Lantas apa saja manfaat puasa untuk kesehatan? Dilansir dari laman alodokter, simak ulasan berikut.

1. Menjaga kesehatan mental

Manfaat puasa juga sangat berpengaruh bagi kesehatan mental, sehingga bukan hanya kesehatan fisik saja. Diketahui, puasa tersebut bisa membantu mengurangi kadar hormon stress maupun kortisol serta merangsang hormon endorfin secara baik dan guna menghilangkan rasa cemas.

Hal itu diduga berkenaan dengan efek puasa yang bisa memperbaiki metabolisme tubuh. Kemudian, puasa juga bisa membuat seseorang merasa lebih dekat dengan Yang Maha Kuasa.

 BACA JUGA:Manfaat Puasa Asyura, Ibadah Sunnah yang Bisa Hapus Dosa Setahun yang Lalu

Sehingga, dapat membuat perasaan dan suasana batin dapat menjadi lebih tenang, sehingga pikiran akan lebih jernih.

2. Jaga kesehatan jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: