Cegah Penularan Rabies, Distan Seluma Sediakan 1.000 Vaksin Gratis untuk Hewan Peliharaan

Cegah Penularan Rabies, Distan Seluma Sediakan 1.000 Vaksin Gratis untuk Hewan Peliharaan

Menanggapi maraknya kasus rabies, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Seluma menyediakan 1.000 vaksin rabies gratis untuk hewan peliharaan.--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Menanggapi maraknya kasus rabies, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Seluma menyediakan  1.000 vaksin anti rabies gratis untuk hewan peliharaan.

Vaksinasi dilakukan guna mengantisipasi penularan penyakit rabies yang berasal dari hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kera.

BACA JUGA:10 Daftar Caleg DPRD Provinsi Bengkulu Perolehan Suara Terbanyak

Kepala Distan Kabupaten Seluma Arian Sosial, melalui Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan Sidomulyo, Joni Wendri mengatakan bagi masyarakat yang akan vaksin hewan peliharaan silakan datang langsung ke UPTD Puskeswan pada jam kerja dan tanpa dipungut biaya alias gratis.

BACA JUGA:Pleno KPU Kota Bengkulu Diwarnai Aksi Protes TKD Ganjar-Mahfud

"Silahkan datang ke UPTD Puskeswan, vaksinasi hewan peliharaan penular rabies kita berikan secara gratis," kata Joni, Jumat 1 Maret 2024.

Lanjut Joni, vaksinasi hewan peliharaan akan memberikan dampak yang positif baik bagi hewan itu sendiri dan pemiliknya. 

Vaksinasi pada hewan peliharaan sebaiknya diberikan secara rutin untuk memastikan bahwa hewan peliharaan terbebas dari rabies.

Tujuan utama dari langkah ini adalah melindungi hewan dari penyakit Rabies, serta berharap tidak ada kasus baru di masyarakat.

Dimana ada 51 kasus gigitan hewan penular rabies dalam 2 bulan terakhir dan angka itu terus meningkat tiap tahun.

Di Kabupaten Seluma terdapat dua Puskeswan yakni di Desa Lokas Baru dan Deda Solidomulyo yang melayani vaksinasi. Masyarakat cukup membawa KTP dan akan dilayani. 

"Di Kabupaten Seluma terdapat dua Puskeswan, yang pertama berada Desa Lokasi Baru, kedua di Desa Sidomulyo," jelasnya.

(Jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: