Ramadan Sebentar Lagi, 6 Hal yang Membatalkan Puasa Ini Wajib Kamu Ketahui, Apa Saja?

Ramadan Sebentar Lagi, 6 Hal yang Membatalkan Puasa Ini Wajib Kamu Ketahui, Apa Saja?

Ilustrasi. Hal yang dapat membatalkan puasa.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BACA JUGA:Cek di Sini! Bacaan Niat dan Keutamaan Puasa Nisfu Syaban, Yuk Amalkan

3. Gila atau hilang akal

Syarat seorang Muslim wajib menjalankan puasa adalah dengan memiliki akal sehat. Bila syarat tak terpenuhi, hilang sudah kewajibannya untuk bisa menjalankan ibadah.

Syarat tetap berlaku, sekalipun fisik orang itu dapat menjalankan puasa. Ketentuan tersebut disampaikan dalam hadits riwayat Abu Daud dan Ahmad yang memiliki arti:

"Hukum (puasa) tidak berlaku atas tiga orang: anak kecil hingga dia baligh (dewasa), orang gila hingga dia waras, dan orang tidur hingga dia bangun."

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menjaga Jantung

4. Murtad

Selanjutnya, hal yang dapat membatalkan puasa seseorang adalah murtad. Tentu saja sebagian dari kita mengetahui, bahwa syarat bagi seseorang wajib menunaikan rukun Islam adalah dengan beragama Islam.

Sehingga, jika seseorang telah memutuskan keluar dari agama Islam, itu tandanya kewajiban dalam berpuasa tidak lagi berlaku. Lalu, saat orang tersebut dalam kondisi berpuasa, ia murtad secara otomatis batal pula puasanya.

Ada beberapa jenis murtad yang dapat kamu ketahui, yakni murtad itiqadiyah (akidah), adalah kondisi saat seseorang keluar dari Islam, sebab tak lagi meyakini konsep suatu keimanan dalam Islam itu sendiri. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Ibadah, Ternyata Puasa Punya Banyak Manfaat untuk Psikologis dan Kesehatan Tubuh

Lalu, ada murtad fi’liyah (perbuatan), yakni ketika seseorang melakukan tindakan yang tidak menggambarkan dirinya sebagai muslim.

Kemudian ada juga murtad qauliyah (ucapan), di mana seseorang itu menghina Asmaul Husna, merendahkan Al-Quran, serta mengucap sesuatu yang bisa merendahkan keyakinan Islam.

5. Berenang

Hal lainnya, berenang. Walau pada dasarnya berenang itu diperbolehkan ketika berpuasa. Hanya saja, kamu tetap perlu menjaga supaya air tidak ada yang masuk ke dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: