Tinggal Menghitung Hari, Inilah Dalil dan Hukum tentang Puasa Ramadhan 2024

Tinggal Menghitung Hari, Inilah Dalil dan Hukum tentang Puasa Ramadhan 2024

Tinggal menghitung hai, inilah dalil dan hukum tentang puasa ramadhan 2024--(Sumber Foto: iStockPhoto)

BETVNEWS - Tinggal menghitung hari umat Muslim akan menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita sehingga kamu perlu mengingat kembali dalil dan hukum puasa Ramadhan ini. 

BACA JUGA:Tidak Bisa Sembarangan, Inilah 7 Syarat Wajib Puasa Ramadhan, Salah Satunya Sudah Baligh

Pada bulan suci ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan menahan diri dari banyak hal seperti makan, minum, hawa nafsu hingga menahan diri dari berbicara tentang hal-hal yang tidak bermanfaat dan sebagainya. 

Puasa dalam Islam dilakukan dengan menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkanya dan dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dan dibarengi dengan niat serta beberapa syarat yang harus dipenuhi. 

BACA JUGA:Ramadhan Segera Tiba, Ketahui 10 Hadits Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan Ini untuk Ibadah Lebih Baik

Bulan Ramadhan ini juga memiliki banyak sekali keistimewaan dan juga keutamaan lantaran semua amalan baik yang dilakukan pada bulan suci ini akan memperoleh balasan yang berlipat ganda. 

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi umat Muslim pada bulan Ramadhan ini untuk memperbanyak amal baik serta meninggalkan amal buruk maupun kemaksiatan. 

BACA JUGA:Berkah Ziarah Jelang Bulan Ramadhan, Pedagang Kembang Raup Untung

Ibadah puasa ini tentunya memiliki dasar yang jelas seperti dalil-dalil dalam Al-Qur'an dan juga hadits-hadits yang wajib diketahui sebelum melaksanakan Ibadah puasa. 

Terdapat beberapa dalil yang menyebutkan tentang ibadah pada bulan Ramadhan ini. Islam juga turut menjelaskan tentang hukum melakukan puasa Ramadhan ini. 

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Gelar Pasar Murah, Penuhi Kebutuhan Jelang Bulan Ramadhan

Untuk itu berikut telah BETV kumpulkan untuk kamu dalil serta hukum puasa Ramadhan sebelum menjalankan ibadah puasa ini. 

Dalil Puasa Ramadhan

1. Surah Al-Baqarah Ayat 183

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: