Ini Cuplikan Kisah dan Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi, Ada Peristiwa Tak Terduga

Ini Cuplikan Kisah dan Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi, Ada Peristiwa Tak Terduga

Ilustrasi. Kisah dan keutamaan membaca surah Al Kahfi.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Surah Al Kahfi dalam Al Quran juga memiliki keutamaan, dan dibalik kumpulan ayat tersebut terdapat beberapa kisah tak terduga di dalamnya. Misalnya cerita tentang sekumpulan pemuda yang bersembunyi di dalam gua. Tentu kisah ini cukup populer di kalangan umat Muslim.

Namun, ternyata surah Al Kahfi tidah hanya bercerita tentang kisah itu saja. Terdapat beberapa kisah lainnya yang menjadi sejarah Islam dan diabadikan dalam Al Quran.

Al Kahfi memiliki makna yang berarti gua, umumnya surah ini dibaca di hari Jumat oleh kebanyakan Muslim. Dengan membacanya, bisa mendapatkan limpahan pahala.

BACA JUGA:Ada 5 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi, Amalan Ini Diabadikan dalam Al Quran, Yuk Baca!

Surah Al-Kahfi dalam Al-Qur'an merupakan surah ke-18 dan terdiri dari 110 ayat. Berisi tentang berbagai cara untuk menghadapi berbagai cobaan dan fitnah.

Kisah dan keutamaan surah Al Kahfi

Berikut ini ada 4 kisah yang dijelaskan dalam surah Al-Kahfi berupa cerita luar biasa, dilansir dari laman orami.co.id, yakni:

- Kisah ashabul kahfi

Diceritakan kisah Ashabul Kahfi yang tertidur di gua selama 309 tahun dan rela meninggalkan kampung halamannya demi mempertahankan agama dalam keadaan terusir.

- Kisah nabi musa dan nabi khidir

Kisah antara Nabi Musa bertemu dengan Nabi Khidir. kedua Nabi Allah Ta'ala tersebut memberikan pembelajaran mengenai pentingnya ilmu dan hidayah.

BACA JUGA:Penuh Keberkahan, Ini 9 Keutamaan Hari Jumat bagi Umat Islam, Waktu Istimewa Perbanyak Ibadah

- Kisah nabi zulkarnain

Kisah selanjutnya yaitu kisah Nabi Zulkarnain yang mengajarkan pentingnya suatu amanat seorang pemimpin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: