Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Pingsan Saat Puasa, Pertama Kali Anjuran Ini Dilakukan! Apa Itu?

Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Pingsan Saat Puasa, Pertama Kali Anjuran Ini Dilakukan! Apa Itu?

Ilustrasi. Kisah sahabat Nabi Muhammad SAW yang pingsan saat puasa.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Ada kisah dari sahabat Nabi Muhammad SAW yang memiliki kisah menarik, terlebih kisahnya berkaitan dengan puasa. sahabat Nabi ini diketahui pingsan saat sedang puasa, sehingga muncul sebuah anjuran.

Tidak hanya itu, turun pula surah yang menjelaskan tentang kejadian tersebut. Lebih lengkapnya simak ulasannya berikut.

Nama sahabat nabi tersebut adalah Qais bin Shirmah, seorang yang memiliki keteguhan dalam puasanya. Cerita ini cukup populer dan dapat menjadi teladan bersama.

BACA JUGA:Bikin Haru! Ini Kisah Abu Dujanah dan Pohon Kurma, Kejujurannya Membuat Nabi Muhammad SAW Menangis

Pada masa itu puasa belum memiliki ketetapan yang jelas, sehingga ada sahabat Nabi Muhammad SAW yang berpuasa tidak sempat bersahur sehingga menahan diri dan akhirnya pingsan.

Kisah ini dialami oleh Qais bin Shirmah Al-Anshari. Ia berasal dari golongan Anshar yang taat menjalani perintah dari Nabi Muhammad SAW. Saat itu di bulan Ramadan, suhu udara di Madinah sangat panas. Sampai-sampai, terik matahari seakan menyengat tubuh.

Setelah selesai bekerja pada saat berbuka puasa, Qais kembali ke rumah dan bertanya kepada istrinya, "apakah kita punya makanan?"

BACA JUGA:Karena Hal Ini! Aisyah Istri Nabi Muhammad SAW Difitnah, Begini Kisahnya

Istrinya yang tidak berpuasa karena sedang haid, dengan sedih menjawab Qais bahwa tidak ada makanan di rumah. Merasa tidak tega melihat suaminya, dia berkata, "Tunggu sebentar, aku akan mencarikan makanan untukmu"

Sang istri kemudian pergi mencari makanan untuk Qais, sementara ia yang telah bekerja seharian merasa lelah. Lantas berbaring di suatu tempat hingga tertidur pulas. 

Ketika sang istri kembali dengan membawa makanan, dia merasa tidak tega membangunkan suaminya yang sedang tidur karena seharian bekerja. Qais pun akhirnya tidur sepanjang malam tanpa berbuka puasa. Meski begitu, Qais tetap berpuasa keesokan harinya.

BACA JUGA:Wanita Panutan! Ini Kisah Saudah binti Zam'ah, Seorang Istri Humoris yang Setia

Melihat hal tersebut, istrinya merasa tak tega, maka dia meminta untuk tidak berpuasa terlebih dulu karena takut tidak kuat. Saat itu, ajaran puasa baru saja turun. Jadi tidak ada ketentuan yang jelas tentang puasa.

Qais tidak ingin melanggar perintah Allah dan perintah Nabi Muhammad tentang puasa. Singkat cerita, Qais langsung melakukan rutinitasnya di ladang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: