Berkah Ramadan, Permintaan Buah Segar di Kaur Meningkat hingga 100 Persen

Berkah Ramadan, Permintaan Buah Segar di Kaur Meningkat hingga 100 Persen

Bulan suci Ramadan 1445 Hijriah atau 2024 Masehi, membawa berkah bagi pedagang buah segar di Desa Air Dingin Jalan Lintas Sumatera Bintuhan, Kecamatan Kaur Selatan, Kabupaten Kaur.--(Sumber Foto: Dedi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Bulan suci Ramadan 1445 Hijriah atau 2024 Masehi, membawa berkah bagi penjual buah segar di Desa Air Dingin Jalan Lintas Sumatera Bintuhan, Kecamatan Kaur Selatan, Kabupaten Kaur.

Selama bulan suci Ramadan permintaa buah segar meningkat bahkan hingga mencapai 100 persen lebih per harinya.

Omzet yang dikumpulkan pun ditaksir mencapai Rp5 juta paling sedikit.

BACA JUGA:Rumah Rusak dan Jalan Lintas Tertutup Pohon Tumbang Imbas Angin Topan di Kaur

Heru Septian yang sudah lama berjualan buah-buahan segar ini mengaku pembeli banyak memburu buah yang mengandung kandungan air seperti buah semangka, melon, buah naga, alpukat dan pepaya.

Pria berusia 36 tahun itu juga menambahkan, selama bulan puasa ada beberapa buah yang mengalami kenaikan harga.

Yakni buah naga menjadi Rp30 ribu per kilogram dari harga biasa Rp12.500. Lalu buah melon dari harga Rp13 ribu per kilogram naik Rp15 ribu.

BACA JUGA:Komplotan Maling Motor Lintas Provinsi Diringkus Polres Kaur, 2 Pelaku DPO

Alpukat naik menjadi Rp13 ribu dari Rp10 ribu perkilogram nya, sedangkan buah pepaya naik Rp1.000 menjadi Rp 9.000 per kilogramnya.

Kemudian harga buah-buahan lainnya terbilang masih harga normal.

"Ya Alhamdulillah selama puasa ini ada peningkatan pembeli pokoknya yang biasanya 1 ton itu habis selama 7 hari, selama puasa ini 3 hari sudah habis 8 kwintal buah-buahan," kata Heru, Minggu 17 Maret 2024.

BACA JUGA:Gelar Razia Gabungan, Satpol PP Kaur Tertibkan Pedagang Kaki Lima di Bintuhan

Heru Septian menyampaikan, selain karena faktor bulan puasa, permintaan yang meningkat juga didukung kondisi cuaca panas. Berbeda halnya ketika cuaca hujan yang permintaannya berkurang.

Disamping itu, kata Heru, melihat pengalaman pada tahun lalu, peningkatan permintaan buah segar akan mencapai puncaknya dan membludak ketika memasuki H-3 Idul Fitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: