Kamu Perlu Tahu! Ini 8 Hikmah Beriman pada Hari Kiamat Lengkap dengan Namanya

Kamu Perlu Tahu! Ini 8 Hikmah Beriman pada Hari Kiamat Lengkap dengan Namanya

Ilustrasi. Hikmah beriman pada hari kiamat lengkap dengan namanya.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Sebagai umat Islam, beriman pada hari kiamat menjadi hal yang perlu diyakini. Dalam hal ini terdapat hikmah beriman pada hari kiamat lengkap dengan nama-namanya.

Hari kiamat merupakan rukun iman kelima dan menjadi kewajiban umat Islam untuk percaya dan meyakininya. Tentang datangnya hari akhir ini memang tidak dijelaskan kapan akan terjadi. Namun, sangat penting untuk dipahami bahwa hari kiamat akan terjadi.

BACA JUGA:Mengenal Makhluk Mitologi Al Jassasah, Hewan yang Jadi Pengawal Dajjal Jelang Hari Kiamat

Sebagaimana hari akhir atau disebut juga hari kiamat adalah saat hancurnya segala yang ada di alam semesta serta seluruh kehidupan yang ada di dalamnya. Tentu sebagai umat Islam tahu bahwa semua yang ada di alam (dunia dan seisinya) nantinya akan mengalami kehancuran hingga tidak ada satu pun yang dapat menghentikannya.

Semua manusia tanpa terkecuali, akan dibangkitkan lagi dari kubur dan menerima pengadilan Allah Ta'ala. Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Qur'an Surah Al-Hajj ayat 7 yang artinya:

"Dan sesungguhnya, (hari) kiamat itu pasti datang terjadi, tidak ada keraguan kepadanya. Dan sungguh, bahwasanya Allah SWT akan membangkitkan semua orang yang ada di dalam kubur".

BACA JUGA:Siapkan Hal Ini! 5 Cara Hadapi Fitnah Akhir Zaman, Minta Perlindungan pada Allah SWT

Ditegaskan dalam ayat tersebut bahwa hari akhir bukan hanya omong kosong belaka, namun segala yang terjadi merupakan kebenaran. Tidak ada yang tahu pasti waktu terjadinya, sebab inilah rahasia Allah SWT dan hanya Dia yang tahu.

Adapun bebeberapa hikmah dalam beriman kepada hari akhir yakni:

1. Tetaplah bersikap mawas diri, tidak menuruti semua hal dari hawa nafsu sendiri. sebab semua yang dilakukan di dunia akan beimbas pada kehidupan alam akhirat.

2. Dapat bersikap rendah hati dan tidak sombong, sebagai makhluk kita tentu tidak boleh merasa hebat dan tinggi cukup dengan tetap mensyukuri dan rendah hati.

BACA JUGA:Hari Kiamat Akan Datang, Ini 3 Golongan Manusia di Yaumul Hisab, Siapa Saja Mereka?

3. Tersadar bahwa ibadah penting untuk dilakukan

4. Lebih bertanggung jawab atas semua perbuatan yang dilakukan selama di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: