Hati-hati, Jangan Tidur Terlalu Lama, Ini 6 Bahayanya yang Perlu Kamu Tahu

Hati-hati, Jangan Tidur Terlalu Lama, Ini 6 Bahayanya yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi. Bahaya tidur terlalu lama, mempengaruhi kesehatan tubuh.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Terdapat tanda bahaya yang perlu kamu ketahui saat tidurmu terlalu lama. Hal ini bisa saja akan mempengaruhi kesehatan tubuh, khususnya mental.

Tidak hanya itu, tidur secara berlebihan merupakan kondisi yang dapat mempengaruhi kualitas dalam hidup. tidur memang sangat diperlukan, hanya saja dalam waktu yang telah ditentukan. Terlebih aktivitasmu tidak hanya untuk tidur saja, sebab tubuh juga perlu untuk bergerak.

BACA JUGA:Gak Lagi Insomnia! Ini 5 Cara Cepat Tidur di Malam Hari, Lakukan Rutin agar Terlelap Tanpa Gangguan

Bahkan tidak sendikit dari mereka yang beranggapan bahwa tidur yang lama bisa menghilangkan lelah. Hal ini berkebalikan dari anggapan itu, karena tidur berlebihan dapat membuat kamu merasa kekurangan energi.

Agar dapat mengantisipasi hal tersebut, kamu perlu mengetahui beberapa bahaya ini, bahkan dapat memunculkan penyakit yang berisiko.

Setiap orang punya kebutuhan waktu berbeda-beda, hal ini juga tergantung usia, gaya hidup, aktivitas sehari-hari, serta kondisi kesehatan. Untuk orang dewasa, waktu tidur yang ideal berkisar diantara 7-9jam, sementara bagi lanjut usia (lansia membutuhkan waktu tidur 7-8jam.

BACA JUGA:Berbeda dengan Insomnia, Ini Gejala Hipersomnia yang Perlu Kamu Tahu, Cek di Sini Cara Mengatasinya!

Tidur secara berlebihan ini dapat ditandai oleh seringnya merasa kesulitan saat bangun tidur pada pagi hari, selalu mengantuk ketika beraktivitas, atau setelah tidur di siang hari kamu tetap merasa mengantuk.

Dilansir dari laman alodokter.com, berikut beberapa bahaya yang perlu kamu ketahui saat tidur terlalu lama.

1. Gangguan mental

Insomnia yang dialami seseorang terjadi dikarenakan depresi, tidak itu saja gangguan tidur berlebihan juga terjadi oleh penderita depresi. Hal ini perlu ditangani langsung, sebab jika tak diobati segera akan memperparah depresi yang dialami.

BACA JUGA:Ini Doa Anjuran Nabi Muhammad SAW, Amalkan Surah Al Falaq Segera, Bisa Bikin Tidurmu Makin Nyaman

Tak hanya itu, tidur lama dapat membuat seseorang terjadi gangguan cemas, sulit untuk konsentrasi, kurangnya daya ingat  atau gangguan memori, dan mudah lelah.

2. Penyakit jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: