Inilah Bacaan Niat Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan, Yuk Ajarkan Pada Anak-anak dari Sekarang

Inilah Bacaan Niat Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan, Yuk Ajarkan Pada Anak-anak dari Sekarang

Inilah bacaan niat sahur dan berbuka puasa Ramadhan, yuk ajarkan pada anak-anak dari sekarang--(Sumber Foto : Doc/BETV)

BETVNEWS - Mengetahui bacaan niat sahur dan berbuka puasa Ramadhan bagi seorang Muslim penting untuk dilakukan terutama sebelum menjalankan ibadah puasa ini. 

BACA JUGA:Mau Cari Suasana Berbeda? Ini 5 Film Religi yang Perlu Kamu Tonton Saat Puasa Ramadan

Jika kamu telah mengetahuinya, tidak ada salahnya untuk mengajarkan bacaan niat sahur dan juga bacaan berbuka puasa Ramadhan kepada anak-anakmu agar mereka dapat belajar sejak dini. 

Saat ini umat Muslim tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan telah melewati separuh bulan dan akan terus berjalan hingga umat Muslim meraih kemenangan pada Hari Raya Idul Fitri.

BACA JUGA:Minum Air Putih Saat Berbuka Puasa Punya Khasiat yang Luar Biasa, Cek Manfaatnya di Sini

Dalam menjalankan ibadah puasa di dalam bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk melafalkan niat terlebih dahulu agar ibadah puasa mereka diterima oleh Allah SWT. 

Membaca niat puasa Ramadhan ini penting untuk dilakukan agar ibadah puasa sejalan dengan keridha'an Allah SWT sebagai bentuk pendekatan diri pada-Nya. 

BACA JUGA:Maksimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan dan Dapatkan Keutamaan Ini Berdasarkan Hadits Nabi, Apa Saja?

Niat puasa ini biasanya dibaca dan dilafalkan setelah melakukan sahur sebelum imsak dan melakukan ibadah puasa Ramadhan. Namun kamu juga dapat melafalkan bacaan niat puasa ini saat malam hari setelah Sholat Tarawih

Kamu perlu tahu jika niat merupakan fondasi dalam melakukan ibadah sehingga mengetahui bacaan niat ini wajib bagi umat muslim. Tanpa melafalkan niat, ibadah puasa dapat tidak diterima. 

BACA JUGA:Terinspirasi dari Yogyakarta, Kampung Ramadhan Rinjani Sajikan Suasana Religius dan Kearifan Lokal

Hal ini seperti yang dikutip dari laman bola.com, disebutkan dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan dengan sanad shahih dari Ibnu Umar dan Hafshah R.A bahwa keduanya berkata:

"Barang siapa yang tidak memalamkan niatnya sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya." (HR. Abu Daud no. 2454, At-Tirmizi no. 730, An-Nasai (4/196).

BACA JUGA:Safari Ramadhan ke Masjid Al Hidayah, Bupati Seluma: Jalan Desa Talang Kabu Akan Diperbaiki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: