Kamu Perlu Tahu! Ini 3 Golongan Orang yang Ada di Yaumul Hisab, Siap-siap Kiamat Akan Datang

Kamu Perlu Tahu! Ini 3 Golongan Orang yang Ada di Yaumul Hisab, Siap-siap Kiamat Akan Datang

Ilustrasi. Ini 3 golongan orang yang ada di Yaumul Hisab setelah hari kiamat datang.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Setelah kiamat datang, segolongan manusia akan melalui beberapa tahapan hingga akhirnya masuk pada tahap yang bernama Yaumul Hisab. Tanpa terkecuali semua manusia akan terbagi beberapa golongan.

Yaumul Hisab dapat diartikan sebagai perhitungan amal. Disanalah semua amal perbuatan di dunia akan dipertanggung jawabkan oleh masing-masing orang.

BACA JUGA:Muncul Lidah Api di Yaman Jadi Tanda Terakhir Hari Kiamat, Ini yang Akan Terjadi!

Ketika hal tersebut telah terjadi mulut mereka ditutup dan tidak akan ada lagi pembelaan. Hari kiamat akan datang, dan sebagai umat Islam tentunya meyakini rukun iman adalah keharusan.

Setelah terjadinya kiamat, semua makhluk berkumpul lalu dihitung seluruh amal kebaikan dan keburukannya selama ia hidup di dunia. Dalam Islam, Yaumul Hisab menjadi salah satu tahapan yang perlu dilalui semua orang.

Umat Islam memang sepantasnya mengetahui serta beriman pada hari kiamat. Dikarenakan semua manusia pada dasarnya akan kembali kepada Allah dan akan dimintai pertanggung jawaban atas perbuatannya.

BACA JUGA:Ini yang Terjadi di Padang Mahsyar! Tempat Manusia Berkumpul di Hari Kiamat

Tidak ada satupun amal seseorang yang terlewat dari suatu perhitungan Allah. Tanpa terkecuali, semua amal akan dihitung, bahkan tidak ada satu manusia pun yang dapat mengelak maupun berdusta tentang semua perbuatannya.

Sekalipun mata dan kaki juga menjadi saksi mengenai apa saja yang telah dilakukan selama hidup. Hal tersebut  dijelaskan dalam surah Yasin ayat 65 yang artinya:

"Hari ini Kami akan menutup mulut mereka dan tangan mereka akan berbicara kepada Kami dan kaki mereka akan menjadi saksi atas apa yang telah mereka lakukan."

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu! Ini Asal Usul Dajjal, Sosok Pembawa Petaka Jelang Hari Kiamat

Melalui riwayat dari 'Abdullah ibnu Mas'ud, Nabi SAW bersabda:

"Allah mengumpulkan semua manusia dari yang pertama sampai yang terakhir, pada waktu hari tertentu dalam keadaan berdiri selama empat puluh tahun. Pandangan-pandangan mereka menatap (ke langit), menanti pengadilan Allah." (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi ad-Dunya dan ath-Thabrani. Hadits ini dinilai shahih oleh al-Albani dalam Shahih at-Targhib wat-Tarhib, no.3591).

Diketahui bahwa Yaumul Hisab akan terjadi usai manusia dibangkitkan dari kubur (Yaumul Bats), lalu tak berselang lama kemudian akan dikumpulkan. Adapun 3 golongan manusia di Yaumul Hisab antaranya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: