Mengenal Hafshah Istri Nabi Muhammad SAW, Ternyata Karena Hal Ini Beliau Menikahinya

Mengenal Hafshah Istri Nabi Muhammad SAW, Ternyata Karena Hal Ini Beliau Menikahinya

Ilustrasi. Mengenal Hafshah istri Nabi Muhammad SAW, Beliau menikahinya karena hal ini.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Lantas, Abu Bakar tak memberikan respons saat Umar menawarkan putrinya, padahal beliau yakin bahwa Abu Bakar akan menerimanya. Namun tidak, beliau pun bergegas menuju kediaman Utsman bin Affan, sebagaimana istrinya telah meninggal sebab menderita suatu penyakit.

Beliau menceritakan hal yang sama tentang alasan ia menemui Utsman, namun Utsman sendiri meminta beberapa hari. Kemudian Utsman datang pada Umar seraya berkata, "Saat ini aku belum ingin menikah."

Duka begitu mendalam kepada Umar bin Khattab, ia pun ditolak oleh kedua sahabatnya. Lalu saat menghadap Rasulullah, ia pun menceritakan penolakan tersebut.

BACA JUGA:Wajib Ada Saat Berbuka Puasa dan Sahur, Ini 5 Makanan Kesukaan Nabi Muhammad SAW!

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Hafshah akan menikah dengan orang yang lebih baik daripada Abu Bakar dan Utsman sementara Utsman akan menikah dengan wanita yang lebih baik daripada Hafshah."

Hati yang begitu mencekam dengan perasaan kaget itu, Umar bin Khattab mengulangi sabda Nabi Muhammad SAW, "Hafshah akan menikah dengan orang yang lebih baik daripada Utsman."

Singkat cerita, akhirnya Nabi Muhammad SAW menyetujui untuk menikah dengan putri Umar yang saat itu menjanda. Diketahui alasannya karena Nabi Muhammad menikahinya sebab memperhatikan keluarga sahabatnya, baik Umar bin Khattab maupun Khunais bin Hudzafah yang telah gugur di medan perang.

BACA JUGA:Bikin Haru! Ini Kisah Abu Dujanah dan Pohon Kurma, Kejujurannya Membuat Nabi Muhammad SAW Menangis

Namun, karena Hafshah memiliki sifat pecinta dan posesif, hingga Umar sebagai ayahnya tahu tentang kepribadian anaknya itu. Kemudian diberilah pesan kepada si putri agar dapat senantiasa patuh kepada Nabi Muhammad SAW.

Menyadari posisi Hafshah sendiri merupakan istri Nabi setelah Saudah dan Aisyah. Memberitahu pula agar Hafshah tidak berselisih dengan Aisyah, sebab menurut Umar Aisyah adalah kesayangan Nabi Muhammad SAW.

Bila ada yang menyebabkan marahnya Aisyah, lantas Nabi pun akan ikut marah serta tak ridha atas orang tersebut. Seperti yang diketahui, Hafshah adalah seorang yang pencemburu, sama halnya Aisyah. Tentu saja itu wajar, namun Hafshah kadang kala menunjukkan rasa cemburunya terlalu berlebihan kepada Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW Ini Penuh Inspirasi, Hingga Akhir Tetap Beriman Kepada Allah SWT

Nah, inilah kisah Hafshah istri Nabi Muahmmad SAW dan alasan beliau menikahinya. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: