dempo

Rambut Rontok Bisa Jadi Tanda Tubuh Kekurangan Kolagen, Cek Dampak Lainnya di Sini

Rambut Rontok Bisa Jadi Tanda Tubuh Kekurangan Kolagen, Cek Dampak Lainnya di Sini

Rambut rontok bisa jadi tanda tubuh kekurangan kolagen, cek dampak lainnya di sini--(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat beberapa bahaya kekurangan kolagen dalam tubuh, kekurangan kolagen tidak hanya berdampak pada kulit saja, melainkan juga dapat memiliki dampak ke kesehatan tubuh.

BACA JUGA:10 Makanan Ini Mengandung Kolagen yang Tinggi, Cek Apa Saja dan Klaim Manfaatnya

Hal ini lantaran kolagen merupakan sebuah jenis protein penting yang diperlukan oleh tubuh sekaligus merupakan komponen utama dari jaringan ikat, termasuk kulit, tulang, tendon, ligamen dan juga kartilago, kolagen memiliki peranan penting untuk memberikan kekuatan struktural dan elastisitas pada jaringan tersebut. 

Kolagen ini adalah sebuah protein alami di dalam tubuh yang menyusun kulit, tulang, otot, tendon dan ligamen serta memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

BACA JUGA:Ternyata Kolagen dapat Jaga Kekuatan Rambut dan Kencangkan Kulit, Cek Manfaat Lainnya untuk Tubuh Disini

Secara kimia, kolagen terdiri dari rantai panjang asam amino yang disusun dalam tiga heliks berbelit-belit yang dikenal dengan nama heliks alfa. 

Banyak yang mengenal kolagen bermanfaat untuk kesehatan kulit, meski sebenarnya manfaat salah satu jenis protein yang satu ini lebih dari itu. Bahkan kolagen ini dapat menyumbang sekitar 30% dari total protein di dalam tubuh. 

BACA JUGA:Dapat Tingkatkan Produksi Kolagen, Simak Manfaat Lain dari Buah Kiwi untuk Kecantikan Kulit

Kolagen merupakan molekul protein berserat keras dan tidak larut sehingga berfungsi untuk menyatukan jaringan tubuh. Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen di dalam tubuh dapat berkurang sehingga banyak orang mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen. 

Saat jumlah kolagen di dalam tubuh berkurang akibat faktor usia atau faktor lainnya, maka akan ada efek samping yang muncul seperti kulit menjadi kendur, keriput dan juga kehilangan elastisitasnya. 

BACA JUGA:Sudah Tahu? Inilah 6 Sumber Kolagen Alami yang Bisa Bikin Tubuh Makin Sehat

Kekurangan kolagen ini juga dapat memberikan dampak buruk pada tubuh, di antaranya dapat kamu simak di dalam artikel ini. 

Bahaya Kekurangan Kolagen dalam Tubuh

1. Dapat Menyebabkan Kerusakan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: