Wajib Cek Kondisi Oli Mobil Sebelum Mudik Lebaran 2024, Begini Caranya

Wajib Cek Kondisi Oli Mobil Sebelum Mudik Lebaran 2024, Begini Caranya

Ilustrasi. Cara cek kondisi oli mesin mobil sebelum mudik lebaran 2024.--(Sumber Foto: Web/kompas.com)

BETVNEWS - Salah satu komponen mobil yang harus di cek sebelum berangkat mudik adalah kondisi oli, simak di sini caranya.

Mudik menggunakan mobil pribadi harus terlebih dahulu memastikan kondisi oli mesinnya. Hal tersebut krena oli mesin sangat mempengaruhi kinerja mobil selama perjalanan, jika kondisi oli sudah tidak baik maka beresiko terjadi kerusakan pada mesin mobil yang pada akhirnya akan menghambat perjalanan.

BACA JUGA:Ini 5 Tips Mudik Lebaran 2024 Pakai Mobil Listrik agar Aman Sampai Tujuan, Nomor 2 Harus Dilakukan, Yuk Intip

Oleh karena itu, kamu harus menghindari hal-hal yang bisa menjadi penghambat selama perjalanan mudik. Mengecek kondisi oli mobil sangat mudah dilakukan, langkah pertama adalah dengan memparkirkan mobil di permukaan yang rata.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah kamu untuk melihat oli yang ada di dalam tengki. Selain itu, parkir mobil di dataran yang rata juga membantu analisis kelayakan oli mesin tersebut, jika berada di daerah yang tidak rata maka kondisi oli tidak bisa terlihat dengan baik dan akan mempengaruhi akurasi analisis kelayakannya.

Melansir dari mosevice.id, berikut cara cek oli mesin mobil sebelum mudik lebaran 2024:

BACA JUGA:Punya Harganya yang Terjangkau! Inilah 7 Rekomendasi Mobil Matic Bekas Rp50 Juta

1. Parkir Pada Permukaan Rata 

Cara cek oli mesin mobil yang pertama adalah dengan parkir pada permukaan rata. Hal ini dilakukan agar oli mesin merata sehingga dapat diperiksa dengan muda.

Selain lebih muda, posisi mobil di tempat rata juga dapat lebih akurat dalam mengecek kelayakan kondisi oli sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam analisis kondisi oli.

Kondisi oli sangat mempengaruhi kelayakan mobil dalam menempuh perjalanan jauh seperti mudik.

BACA JUGA:Tidak Hanya Avanza, Berikut 6 Mobil Keluarga Bekas Hanya Rp100 Jutaan, Cek Daftar Rekomendasinya

2. Buka Kap Mesin Mobil 

Cara kedua cek kondisi oli mesin mobil adalah dengan membuka kap mesin mobil. Jika mobil sudah dalam keadan rata, maka selnjutnya adalah dengan membuka kap mesin mobil supaya bisa melihat keadaan oli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: