Jarang Diketahui! Ini 10 Manfaat Kunyit untuk Ksehatan, Salah Satunya Ampuh Obati Radang

Jarang Diketahui! Ini 10 Manfaat Kunyit untuk Ksehatan, Salah Satunya Ampuh Obati Radang

Ilustrasi. Manfaat kunyit untuk kesehatan yang perlu diketahui.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Diketahui kunyit memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya sebagai pelengkap masakan, kunyit dipercaya ampuh sebagai obat radang.

Rempahan satu ini tidak sulit untuk dicari, bahkan kamu bisa menanamnya sendiri. Terlebih adanya kandungan dalam kunyit tersebut mampu membuat tubuh kembali sehat.

Umumnya kunyit juga dibuat sebagai minuman seperti teh atau jamu. Dengan rasa khasnya kunyit cukup dibutuhkan dalam memenuhi asupan gizi seseorang.

Khasiat lain kunyit bagi kesehatan tubuh yakni dapat meredakan berbagai penyakit ringan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan yang ada pada kunyit diantaranya kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, selulosa, protein, lemak, vitamin C, zat pahit, antioksidan, zat besi, fosfor, kalsium, hingga minyak atsiri.

BACA JUGA:Makin Sehat, Cobain Air Rebusan Kunyit Ini! Dipercaya Ampuh Atasi Asam Urat, Cek Cara Membuatnya di Sini

Dilansir berbagai sumber, berikut ini 10 manfaat kunyit yang perlu kamu ketahui.

1. Bisa mengobati radang

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit, bahwa antioksidan mempunyai efek antiradang poten. Untuk satu kunyit, kurang lebih terdapat kandungan kurkumin sejumlah 200 miligram.

Zat aktif ini bisa membantu kerja enzim berhenti serta sitokin yang bisa disebabkan inflasi pada tubuh. Untuk itu, sangat bermanfaat mengurangi radang dan meningkatkan kortison pada kelenjar adrenal pada tubuh.

2. Menyehatkan kulit wajah

Manfaat lain dari kunyit, yakni dapat digunakan sebagai kesehatan kulit wajah. Diketahui bahwa tanaman kunyit punya komponen bioaktif yang disebut sebagai kurkumin, hal tersebut menurut para ahli.

Komponen itu adalah pembentuk bagi warna kuning dalam kunyit, yang mana punya sifat antioksidan dan antiradang, sehingga dapat menyembuhkan luka dan bagus untuk kesehatan kulit.

BACA JUGA:5 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah, Bikin Awet Muda dan Glowing Tanpa Efek Samping, Begini Cara Membuatnya

3. Mengurangi rasa mual

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: