Hati-hati, Ada 6 Risiko Jika Kamu Tidur Berlebihan, Bisa Terkena Diabetes

Hati-hati, Ada 6 Risiko Jika Kamu Tidur Berlebihan, Bisa Terkena Diabetes

Ilustrasi. Risiko tidur berlebihan yang harus kamu tahu, salah satunya terkena diabetes.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Selain kurang tidur, ada pula gangguan yang membuat seseorang tidur secara berlebihan. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan tubuhnya.

Tidur berlebihan diketahui bisa membuatmu terkena diabetes. Tidak hanya itu saja, ada beberapa risiko yang akan kamu alami saat tidak dapat memanajemen waktu untuk tidur.

BACA JUGA:Lagi Susah Tidur? Coba Amalkan Doa Anjuran Nabi Muhammad SAW Ini! Insya Allah Bisa Nyenyak

Namun, Tidak sedikit orang beranggapan bahwa tidur yang lama dapat menghilangkan rasa lelah. Hal ini berkebalikan dari anggapan itu, karena tidur berlebihan dapat membuat kamu merasa kekurangan energi.

Tak hanya itu kamu juga perlu mengetahui bahaya atau risiko akan tidur berlebihan ini, misalnya meningkatkan kemunculan penyakit yang cukup berisiko. Setiap orang punya kebutuhan waktu berbeda-beda, hal ini juga tergantung usia, gaya hidup, aktivitas sehari-hari, serta kondisi kesehatan.

BACA JUGA:Anak Sering Mengigau? Coba Pakai Cara Ini Biar Tidur Nyenyak dan Nyaman

Bagi orang dewasa, waktu tidur yang ideal berkisar diantara 7-9jam, sementara bagi lanjut usia (lansia) ia membutuhkan waktu tidur 7-8jam.

Tidur secara berlebihan dapat ditandai oleh seringnya merasa kesulitan saat bangun tidur di pagi hari, selalu mengantuk ketika beraktivitas, atau setelah tidur di siang hari kamu tetap merasa mengantuk.

Dilansir dari alodokter, berikut ini ada sejumlah risiko yang dapat kamu alami saat dirasa tidur berlebihan.

BACA JUGA:Menarik, Kisah Ashabul Kahfi Disebut dalam Al Quran, Pemuda Ini Tertidur 309 Tahun

1. Obesitas

Selain itu, tidur terlalu lama dapat menyebakan obesitas, untuk itu kamu perlu mengurangi melakukan hal ini. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa seseorang biasanya tidur lebih lama hingga 9-10 jam di malam hari, sehingga berisiko cukup tinggi mengalami obesitas.

Berbeda dengan seseorang yang dapat mengatur waktu tidurnya secara normal. Gejala ini serupa dengan kondisi kurang tidur.

BACA JUGA:Gak Lagi Insomnia! Ini 5 Cara Cepat Tidur di Malam Hari, Lakukan Rutin agar Terlelap Tanpa Gangguan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: