Cegah Kebakaran Saat Rumah Ditinggal Mudik, Ini Imbauan Damkar Kota Bengkulu

Cegah Kebakaran Saat Rumah Ditinggal Mudik, Ini Imbauan Damkar Kota Bengkulu

Damkar Kota Bengkulu mengimbau masyarakat yang ingin meninggalkan rumah untuk mudik lebaran 2024 agar memastikan aman agar terhindar dari kebakaran. --(Sumber Foto: CW/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS – Hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 tinggal menghitung hari. Sudah jadi tradisi jika mendekati Idul Fitri, masyarakat banyak yang mudik, baik ke luar kota atau luar provinsi. 

Demi keamanan, masyarakat diingatkan agar jangan terburu-buru meninggalkan rumah sebelum memastikan rumah ditinggalkan dalam kondisi aman dan terhindar dari kebakaran

BACA JUGA:Jadi Korban Tabrak Lari, Balita 4 Tahun di Seluma Alami Luka Berat

Hal tersebut disampaikan oleh Yuliansyah Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Bengkulu, Minggu 7 April 2024.

"Silakan mudik tapi jangan buru-buru, sebelum meninggalkan rumah pastikan semua colokan listrik sudah dilepas, kompor dalam keadaan mati dan selang regulatornya juga sudah dilepas. Kemudian pastikan juga tidak meninggalkan benda-benda yang berpotensi terbakar atau meledak di dalam rumah," imbaunya. 

BACA JUGA:Dedy Wahyudi Paparkan PR Besar yang Menanti Walikota Bengkulu Terpilih Nanti

Imbauan tersebut disampaikan sebagai upaya pencegahan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran. Mengingat pemudik biasanya meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. 

"Satu lagi, pastikan betul semua pintu dan jendela sudah terkunci. Jangan sampai pergi dari rumah buru-buru, pas pulang, rumah sudah jadi abu," imbuh Yuliansyah. 

BACA JUGA:Bupati Seluma Imbau Wisatawan Tetap Waspada Saat Liburan

Ia juga mengatakan bahwa petugas Damkar Kota Bengkulu selalu siap siaga selama lebaran untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di Kota Bengkulu. Termasuk melakukan patroli dan siaga di pos-pos pengamanan.

Pihaknya berharap selama Idul Fitri tidak terjadi kasus kebakaran di Kota Bengkulu, baik itu kebakaran rumah atau kebakaran lahan. 

BACA JUGA:Diduga Mengantuk, Mobil Pemudik asal Jakarta Masuk Jurang di Jalan Lintas Seluma

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang tidak mudik atau berada di Kota Bengkulu selama lebaran, diimbau untuk segera mengubungi petugas Damkar atau melalui Call Center 112 Dinas Kominfo apabila membutuhkan pertolongan dari Damkar.

"Misalnya ada hal-hal yang membahayakan yang mengancam keselamatan seperti ada ular masuk rumah dan lainnya, Insya Allah kita juga siap membantu masyarakat Kota Bengkulu," tutup Yuliansyah. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: