Antisipasi Masalah Sampah Usai Lebaran, Ini Langkah Pemprov

Antisipasi Masalah Sampah Usai Lebaran, Ini Langkah Pemprov

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bahwa pada saat rapat persiapan menghadapi lebaran telah dibahas terkait penanganan sampah usai lebaran ini.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Persoalan sampah setelah lebaran perlu menjadi perhatian serius pemerintah. Hal ini karena pasca lebaran volume sampah bisa berlipat dari hari biasa.

Sehingga perlu langkah penanganan yang serius agar tidak menjadi keresahan di masyarakat. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dalam hal ini telah melakukan pembahasan bersama Forkopimda terkait penanganan sampah usai lebaran.

BACA JUGA:Festival Sekujang 'Halloween' Talang Benuang Seluma Digelar, Ramai Pengunjung

Disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, bahwa pada saat rapat persiapan menghadapi lebaran telah dibahas terkait penanganan sampah usai lebaran ini.

Dia mengatakan, telah mengintruksi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk melakukan koordinasi khusus dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu untuk penganan sampah pasca lebaran.

BACA JUGA:Hari Pertama Lebaran, Pelajar SMP di Seluma Meninggal Diduga Korban Tabrak Lagi

"Saya sudah instruksi Dinas LHK untuk koordinasi khusus dengan Dinas LH Kota Bengkulu karena terutama wilayah di kota volume sampah kerap meningkat setelah lebaran," kata Gubernur Rohidin.

BACA JUGA:Hari Pertama Lebaran, Ribuan Pengunjung Mulai Memadati Benteng Marlborough Bengkulu

Gubernur Rohidin mengatakan, untuk pengamanan sampah setelah lebaran perlu kesiapsigaan seperti penambahan mobil pengangkut sampah, petugas kebersihan semua diaktifkan dan standbay setelah lebaran. Kemudian petugas dan exskavator di TPA (Pempat Pembuangan Akhir) juga perlu dalam konsi siap siaga. 

"Ini perlu dipastikan penanganan sampah dipersiapkan pasca lebaran dengan petugas dan peralatan," tutur Rohidin.

BACA JUGA:Pastikan Pelayanan Kesehatan, RS Terbuka 24 Jam Selama Libur Idul Fitri

Selain itu, ditambahkan Rohidin, penganan sampah setelah lebaran harus benar-benar dipersiapkan termasuk mengaktifkan kader-kader pengelolaan sampah yang dibina oleh Dinas LHK Provinsi Bengkulu agar bersinergi dengan Pemkot Bengkulu untuk penanganan sampah pasca lebaran.

"Kader-kader pengelolaan sampah juga perlu diaktifkan untuk penganan sampah pasca lebaran," sampai Rohidin. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: