Simak! Begini Cara Pasang Aki Mobil di Rumah, Nomor 3 Perhatikan Kabel Positif dan Negatif

Simak! Begini Cara Pasang Aki Mobil di Rumah, Nomor 3 Perhatikan Kabel Positif dan Negatif

Ilustrasi. Cara memasang aki mobil di rumah secara mandiri.--(Sumber Foto: Web/garasi.id)

BETVNEWS - Bagi kamu yang ingin memasang aki mobil secara mendiri di rumah wajib baca artikel ini karena akan membahas hal tersebut.

Diketahui, memasang aki mobil sendiri tidak terlalu sulit jika kamu memahami caranya. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar pemasangan aki mobil berhasil, yang pasti adalah kamu harus melepaskan aki lama terlebih dahulu.

BACA JUGA:Hati-hati! 8 Hal Ini Sebabkan Ban Mobil Meledak, Salah Satunya Kurang Angin, Yuk Intip yang Lain

Sebagai informasi, aki mobil memiliki sisi positif dan negatif. Hal tersebut sebagai tanda penunjuk posisi pemasangan yang harus dilakukan.

Memasang aki secara mandiri di rumah lebih praktis dan hemat, karena kamu tidak perlu mengeluarkan upah pasang lagi sekaligus belajar ilmu baru dalam pemasangan aki.

Hal ini berguna jika kamu dalam perjalanan kemudian mengalami mati aki, kamu bisa memasang aki baru atau memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Melansir dari auto2000.co.id, berikut cara memasang aki mobil di rumah:

BACA JUGA:5 Cara Merawat Mobil Pasca Mudik Lebaran, Panaskan Mesin Secara Rutin hingga Bersihkan Interior

1. Lepas Aki Lama Terlebih Dahulu

Cara memasang aki mobil di rumah secara mandiri yang pertama adalah dengan melepas aki lama terlebih dahulu.

Hal ini yang paling penting dilakukan karena jika aki lama tidak dilepaskan terlebih dahulu bagaimana bisa aki baru dipasang.

Pelepasan aki lama bisa kamu lakukan dengan cara membuka kap mobil kemudaian lepaskan kabel dan baut aki baik dari kutub negatif maupun positif.

Setelah itu, sebelum melepaskan aki lama pastikan kondisi mobil dalam keadaan mati agar tidak terjadi konsleting listrik.

BACA JUGA:Jangan Tertipu! Ini 5 Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Palsu, Nomor 4 Tidak Terdapat Kode Produksi, Cek yang Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: