Jangan Berlebihan! Ini 5 Efek Samping yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Makan Keju

Jangan Berlebihan! Ini 5 Efek Samping yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Makan Keju

Jangan berlebihan! Ini 5 efek samping yang akan terjadi jika terlalu banyak makan keju--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BACA JUGA:Cek 6 Manfaat Minum Teh Jahe untuk Kesehatan, Diduga Ampuh Atasi Perut Kembung hingga Meningkatkan Sistem Imun

Meski demikian, orang yang tidak kesulitan mencerna produk ini juga berpotensi untuk mengalami masalah kembung apabila mengonsumsina secara berlebihan. Kondisi ini dapat bertahan selama 30 menit hingga dua jam lamanya. 

Konsumsi keju juga sebaiknya tidak dilakukan oleh orang-orang yang mengalami laktosa intoleran. Karena mereka yang mengalami kondisi ini justru akan membuat laktosa bergerak menuju usus besar dan bukannya diserap oleh tubuh.

BACA JUGA:Makin Sehat! Coba Konsumsi 5 Minuman Ini, Nyeri Lambung Auto Langsung Hilang

Kondisi ini nantinya menyebabkan laktosa bergabung dengan bakteri di usus dan dapat menyebabkan kembung. 

4. Heartburn

Terlalu banyak mengonsumsi keju juga dapat mengakibatkan heartburn, yaitu kondisi saat tubuh mengalami rasa panas di area dada. Hal ini tidak selalu dialami oleh semua orang, namun merupakan hal yang umum terjadi. 

BACA JUGA:Berikut 5 Kebiasaan Buruk Pemicu GERD, Sebaiknya Hindari Agar Asam Lambungmu Tidak Kambuh

Saat keju dikonsumsi secara berlebiha, kandungannya yang tinggi lemak dapat mengendurkan lower esophageal sphincter (LES) atau otot yang biasanya mencegah asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan. 

Oleh sebab itu, hal ini dapat mengakibatkan rasa panas di dada dan tenggorokan. Jika kondisi ini dibiarkan, heartburn kronis dapat merusak lapisan esofagus dan menyebabkan kondisi yang lebih serius seperti GERD. 

BACA JUGA:5 Makanan yang Aman Dikonsumsi Oleh Penderita GERD, Dijamin Tidak Bikin Asam Lambung Naik

5. Meningkatkan Resiko Kanker

Mengonsumsi keju secara berlebihan juga dapat mengakibatkan berkembangnya resiko kanker tertentu karena kandungan lemaknya yang tinggi. 

Lemak jenuh yang ada di dalam keju ini dapat meningkatkan resiko kanker kolorektal termasuk juga resiko kanker payudara dan juga prostat. Meski demikian, hubungan antara konsumsi keju serta kanker ini masih perlu diteliti lebih lanjut. 

BACA JUGA:9 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan, Cegah Sakit Jantung hingga Turunkan Resiko Kanker, Intip Kandungannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: