Pemkot Bengkulu Genjot PAD Lewat Pemasangan Tapping Box

Pemkot Bengkulu Genjot PAD Lewat Pemasangan Tapping Box

Penempatan tapping box di tempat-tempat usaha seperti hotel, restoran dan rumah makan dipandang sangat perlu untuk memastikan pajak dari tempat usaha tersebut terbayarkan. Namun di Kota Bengkulu, memang belum semua tempat usaha yang dimaksud telah memasan--(Sumber Foto: CW2/BETV)

Bengkulu, BETVNEWS – Penempatan tapping box di tempat-tempat usaha seperti hotel, restoran dan rumah makan dipandang sangat perlu untuk memastikan pajak dari tempat usaha tersebut terbayarkan. Namun di Kota Bengkulu, memang belum semua tempat usaha yang dimaksud telah memasang tapping box.

Pemkot Bengkulu dalam ini Dinas Pendapatan Daerah (Bapenda) sudah menggelar MOU dengan Bank Bengkulu terkait tapping box ini. Dimana Bapenda sudah mendistribusikan tapping box ke beberapa hotel, rumah makan dan restoran. Namun memang belum ke semua tempat usaha.

BACA JUGA:Paman Ii dan Ariyono Gumay, Digadang-gadang Maju Pilwakot Bengkulu 2024

Oleh karena itu, Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi minta agar ke depan tapping box sudah ada di setiap tempat usaha. Menurut Arif, dengan adanya tapping box dapat mencegah potensi kebocoran pendapatan asli daerah (PAD).

Ini disampaikan Arif saat menghadiri acara Pemkot Bengkulu dengan Bank Bengkulu terkait Pengunaan Jasa Layanan Perbankan Bank Bengkulu di Balai Kota Merah Putih beberapa hari lalu.

“Masih ada tempat usaha yang belum ada tapping box, saya pernah makan di salah satu rumah makan nilainya hampir Rp 1 juta. Tapi pas mau membayar tidak ada tapping box. Pas saya tanya katanya masih menunggu tapping box dari Bapenda. Kalau tidak ada tapping box bagaimana kita tahu berapa keuntungan dari tempat usaha itu dan berapa nilai PPN yang harus dibayakan," kata Arif Gunadi, Jumat 26 April 2024. 

BACA JUGA:Inilah Daftar Makanan yang Pantang Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes Tipe 1, Buruan Cek!

Maka dari itu pemerintah kota Bengkulu lewat Arif Gunadi terus mengejar meminta untuk setiap tempat usaha ke depan sudah ada tapping box untuk meningkatkan PAD.

"Kita terus melakukan upaya agar semua tempat usaha seperti hotel dan restoran tidak luput dari data agar semua sama-sama diuntungkan," sambungnya. 

Pemerintah akan menambah pemasangan sebanyak 75 unit tapping box, minimal sudah 90% pada tahun 2024. Sampai saat ini sudah ada 175 tapping box yang terpasang.

BACA JUGA:Musim Hujan Rentan Sakit? Cek 5 Rekomendasi Suplemen untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ini

Untuk diketahui, tapping box adalah alat pemantauan untuk mencegah penipuan pengembalian pajak. Tapping box merupakan salah satu solusi yang diterapkan pemerintah untuk memantau jumlah Pajak Pertambahan Nilai (PPn) yang terutang oleh pemilik usaha.

(CW2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: