dempo

Kamu Perlu Tahu! Tidur Berlebihan Tidak Dianjurkan Karena Hal Ini, Cek Risiko dan Penyebabnya di Sini

Kamu Perlu Tahu! Tidur Berlebihan Tidak Dianjurkan Karena Hal Ini, Cek Risiko dan Penyebabnya di Sini

Ilustrasi. Tidur berlebihan tidak dianjurkan karena hal ini, cek risiko dan penyebabnya di sini.--(Sumber Foto: Pexels/Acharaporn Kamornboonyarush)

BETVNEWS - Tidur menjadi salah satu aktivitas yang dibutuhkan untuk tubuh. Ada banyak manfaat tidur yang baik bagi kesehatan. Namun, ada kalanya seseorang mengalami gangguan tidur seperti terlalu lama tidur (hipersomnia).

Diketahui tidur berlebihan memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan. Hal ini bisa berisiko baik fisik maupun mental seseorang jika dibiasakan.

Umumnya seseorang yang banyak tidur disebabkan karena faktor stress dan depresi. Tidak hanya insomnia (sulit tidur) saja, orang yang bangun dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan beberapa risiko.

BACA JUGA:Jangan Sepelekan! Ternyata Ini Bahaya Tidur Pakai Earphone, 6 Risiko Tak Terduga Dapat Kamu Alami

Sebagaimana fungsinya, tidur yang cukup dapat mengembalikan energi setelah banyaknya melakukan aktivitas di luar. Umumnya, seorang yang sudah beranjak dewasa membutuhkan istirahat kurang lebih 7-8 jam per harinya.

Namun, banyak yang beranggapan bahwa orang yang banyak tidur dapat menghilangkan lelah. Hal tersebut berbeda dengan kenyataan, pasalnya seseorang yang tidur berlebihan dapat mempengaruhi kondisi tubuhnya. Bahkan bisa membuat kekurangan energi.

Tidur secara berlebihan ini dapat ditandai oleh seringnya merasa kesulitan saat bangun pada pagi hari, selalu mengantuk ketika beraktivitas, atau setelah tidur di siang hari kamu tetap merasa mengantuk.

BACA JUGA:Ada Cara Cepat Agar Kamu Tidur Lelap di Malam Hari, Luangkan Waktu 8 Jam Saja! Penderita Insomnia Perlu Tahu

Melansir laman alodokter.com, berikut beberapa bahaya yang perlu kamu ketahui saat tidur terlalu lama.

1. Obesitas

Diketahui tidur terlalu lama dapat menyebakan obesitas, untuk itu kamu perlu mengurangi melakukan hal ini.

Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa seseorang biasanya tidur lebih lama hingga 9-10 jam di malam hari, sehingga berisiko cukup tinggi mengalami obesitas.

Berbeda dengan seseorang yang dapat mengatur waktu tidurnya secara normal. Gejala ini serupa dengan kondisi kurang tidur.

BACA JUGA:Buat Tidurmu Nyaman, Ini 5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan, Cukup Minum Secara Rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: