Dinas TPHP Dorong Optimalisasi Program PAT di Provinsi Bengkulu

Dinas TPHP Dorong Optimalisasi Program PAT di Provinsi Bengkulu

Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu M. Rizon. --(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi BENGKULU, mendorong optimalisasi program Perluasan Areal Tanam atau PAT padi dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu M. Rizon mengatakan, dalam mengoptimalkan program Perluasan Areal Tanam padi tersebut menyasar dua program kegiatan. Yakni perluasan areal tanam padi tadah hujan dan areal tanam padi melalui pompanisasi.


Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, mendorong optimalisasi program Perluasan Areal Tanam atau PAT padi dari pemerintah pusat.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BACA JUGA:Dinas TPHP Provinsi Bengkulu: Bantuan Replanting Sawit Tahun 2025 Naik, Jadi Rp60 Juta per Hektar

"Saat ini kita sedang fokus menggarap dua program kegiatan Perlausan Areal Tanam dari pemerintah pusat yaitu dalam bantuk padi gogo dan dalam bentuk padi tadah hujan, untuk padi gogo sudah dilakukan pertama kali di Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Benteng," kata Kadis TPHP Provinsi Bengkulu, Sabtu 4 Mei 2024.

Padi gogo dan padi tadah hujan dipilih karena varietas padi gogo merupakan tanam padi unggulan yang dapat ditanam pada areal perkebunan dan tidak membutuhkan irigasi khusus. Sehingga padi jenis ini dapat ditanam pada areal-areal yang terbengkalai dan tidak termanfaatkan dengan baik.

BACA JUGA:Tingkatkan Produksi Pertanian, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Akan Salurkan Bantuan 1.118 Alsintan

Sedangkan untuk areal persawahan yang kekurangan air, ia menyebut jika pihaknya mendorong dengan memberikan bantuan pompanisasi yang dapat digunakan oleh petani untuk mengairi areal persawahannya. 

Sehingga areal persawahan yang ada tetap produktif dan dapat ditanam padi.

Tambah Rizon, dari dua program tersebut, setidaknya pihaknya menargetkan 24 ribu hektare perluasan areal tanam di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Harga Kopi di Provinsi Bengkulu Terus Melambung, Dinas TPHP Ungkap Penyebabnya

Program yang ada juga saat ini sudah mulai digiatkan oleh Dinas TPHP Provinsi Bengkulu bersama Kementan RI bidang Tanaman Pangan dan pemerintah daerah kabupaten/kota.

"Target kita 24 ribu hektar PAT yang bisa dicapai tahun ini, dengan rincian untuk tadah hujan di angka 13 ribu dan padi gogo di angka 10 ribu hektare," tambahnya.

BACA JUGA:Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Gelar Pertemuan Untuk Percepatan Penertiban STDB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: