Ini 8 Manfaat Buah Cepokak untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Masalah Jantung dan Stroke

Ini 8 Manfaat Buah Cepokak untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Masalah Jantung dan Stroke

Ilustrasi. Manfaat buah Cepokak untuk kesehatan--(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Tidak banyak yang mengetahui manfaat buah cepokak untuk kesehatan karena tidak semua orang mengetahui keberadaan buah ini lantaran tanaman cepokak seringkali dianggap sebagai tanaman liar. 

BACA JUGA:Begini Cara Mengolah Tanaman Cepokak untuk Obat Tradisional, Salah Satunya Dibuat Minuman Teh

Meski demikian banyak pula orang yang mengonsumsi buah cepokak ini sebagai lalapan, terutama mereka yang hidup dipedesaan dimana buah ini sering mereka temui. 

Tanaman cepokak sendiri, atau dikenal juga dengan istilah takokak dan rimbang merupakan tanaman yang buahnya seringkali dijadikan lalapan saat menyantap makanan. 

BACA JUGA:Bisa Nambah Selera Makan! Berikut 3 Resep Olahan Buah Cepokak untuk Menu Berbuka Puasa Hari Ini

Tanaman ini seringkali dianggap sebagai tanaman liar dan tumbuh subur di hutan. Meski demikian, tanaman ini ternyata berasal dari Amerika latin dan memiliki nama Solanum torvium.

Buah cepokak juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan berkat kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Buah ini kaya akan antioksidan yang pastinya baik untuk tubuh. 

BACA JUGA:Cegah Mata Minus hingga Atasi Katarak, Simak Kandungan Buah Cepokak Ini dan Manfaatnya untuk Kesehatan Mata

Selain itu, buah cepokak ini juga mengandung karbohidrat, protein, dan juga serat yang tinggi. Buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, senyawa Zeaxantin dan Lutein, serta beragam mineral penting seperti kalium, fosfor, magnesium dan juga mangan. 

Berkat beragam kandungan tersebut, berikut manfaat yang dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi buah cepokak ini untuk kesehatan. 

BACA JUGA:Atasi Asam Urat dan Mengobati Diabetes, Berikut Manfaat Buah Cepokak untuk Kesehatan

Manfaat Buah Cepokak Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Asam Urat

Buah yang satu ini ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi masalah asam urat di dalam tubuh dengan cara mencegah atau mengurangi rasa sakit, kemerahan, dan juga gejala asam urat lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: