Jarang Diketahui! Buah Sukun Ternyata Dapat Turunkan Kadar Gula Darah, Begini Cara Mengolahnya

Jarang Diketahui! Buah Sukun Ternyata Dapat Turunkan Kadar Gula Darah, Begini Cara Mengolahnya

Jarang diketahui! Buah sukun ternyata dapat turunkan kadar gula darah, begini cara mengolahnya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Tidak banyak yang tahu jika buah sukun dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, cara mengolahnya juga mudah dilakukan. 

BACA JUGA:Buah Sukun Terlalu Matang? Yuk Olah Jadi Masakan Lezat dengan 3 Resep Berikut, Mudah dan Praktis

Buah sukun sendiri merupakan buah yang cukup terkenal di wilayah Indonesia dan sering diolah menjadi beragam masakan, dan yang paling sederhana sekaligus paling terkenal adalah gorengan. 

Buah ini memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh seperti protein, serat, karbohidrat kompleks, air, serta berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, beta karoten, folat, dan juga vitamin E. 

BACA JUGA:Miliki Kandungan Gizi Kompleks, Ini 5 Manfaat Buah Sukun untuk Ibu Hamil

Tidak hanya itu, buah sukun juga mengandung beragam jenis mineral seperti kalium, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, serta fosfor yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. 

Karena itu buah sukun terkenal dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti anemia, menangkal radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, menjaga aliran darah tetap lancar, hingga mencegah diabetes dan berbagai masalah kesehatan lainnya. 

BACA JUGA:Suka Sukun Goreng? Ini 6 Manfaatnya untuk Tubuh, Salah Satunya Cegah Anemia

Untuk para penderita diabetes, buah sukun ini bisa mengontrol kadar gula darah lantaran buah sukun mengandung senyawa chanyon geranyl, isolespeol yang dapat menginduksi atau mencegah perkembangan liposarkoma. 

Bukan hanya itu saja, buah sukun juga mengandung indeks glikemik yang terbilang rendah sehingga buah yang satu ini dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

BACA JUGA:Asam Urat Bisa di Obati dengan Mengonsumsi Air Rebusan Daun Sukun, Begini Cara Buatnya

Meski demikian, bukan berarti kamu dapat mengonsumsi buah sukun ini sesuka hati. Penderita diabetes tetap harus mengontrol porsi buah sukun yang masuk ke dalam tubuh lantaran buah ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. 

Namun kamu tidak perlu khawatir, meski kandungan karbohidratnya tinggi, kandungan tersebut berbanding lurus dengan kandungan seratnya yang juga tinggi sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

BACA JUGA:Punya Riwayat Asam Urat? Begini Cara Mengobatinya Secara Alami, Cukup dengan Rebusan Daun Sukun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: